Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Ekspor Wilayah Lampung Tetap Meningkat di Tengah Pandemi

Bandar Lampung (10/12/2020) – Tim Siger (Sinergi Gandeng Eksportir) Bea Cukai Bandar Lampung bersama Kantor Wilayah DJBC Sumatera Bagian Barat melakukan kunjungan ke salah satu perusahaan yang menerima fasilitas Kawasan Berikat dengan hasil produk unggulan berupa udang, kepiting dan ikan olahan yang akan di Ekspor.

Kunjungan ini diikuti oleh Dwi H selaku Kepala Seksi Perizinan dan Fasilitas II Kantor wilayah DJBC Sumatera Bagian Barat, Suharno dan Yayat Ruhiyat selaku Pemeriksa Bea dan Cukai Ahli Pratama Bea Cukai Bandar Lampung, beserta 2 (dua) staff pegawai bea cukai Kantor Wilayah DJBC Sumatera Bagian Barat.

Kegiatan dibuka dengan pemaparan proses bisnis perusahaan yang dijalankan PT Bumi Menara Internusa. Dalam mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional, tidak ada perubahan signifikan terhadap proses bisnis ekspor dari PT Bumi Menara Internusa ditengah pandemi ini. Mereka tetap meningkatkan ekspor meskipun terdapat masalah yang sedang dihadapi salah satunya terdapat tingginya biaya kontainer pendingin dan pemuatan kapal. Sesuai dengan data menyatakan bahwa jika dilihat dari sisi nilai devisa menurun jauh yaitu pada tahun 2019 nilai devisa sebesar USD 26,668,718.55 dengan jumlah kontainer 237 dan di tahun 2020 nilai devisa sebesar USD 22,973,120.76 dengan jumlah kontainer 207.

Pada kesempatan tersebut dilanjutkan dengan mengunjungi gudang untuk melihat proses pengolahan hasil perikanan berupa udang yaitu mulai dari penerimaan bahan baku, pemotongan kepala, sortasi mutu dan pemisahan ukuran, pengupasan, perendaman, pembekuan sampai dengan pengemasan untuk siap diekspor dan dijual lokal.

Maka dari itu, diharapkan PT Bumi Menara Internusa tetap survive dan tetap berperan dalam meningkatkan usaha-usaha mikro di sekitar pabrik meskipun di tengah pandemi sampai sekarang ini. Sehingga perekonomian nasional tetap berjalan dengan baik terutama di bidang ekspor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *