Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Gagal kabur dari Petugas, Bea Cukai Bandar Lampung Berhasil Amankan Jutaan Batang Rokok Ilegal

Bea Cukai Bandar Lampung terus-menerus menggalakkan Operasi Gempur Rokok Ilegal guna menekan peredarannya di wilayah Provinsi Lampung. Pada tanggal 23 Agustus 2020, Bea Cukai Bandar Lampung kembali melakukan penindakan terhadap sarana pengangkut jenis truk di Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar, Lampung Selatan.

Berdasarkan informasi yang diterima dari masyarakat diketahui terdapat pengangkutan rokok illegal yang dibawa menggunakan sarana pengangkut truk dengan ciri-ciri tertentu. Kemudian, Tim Penindakan dan Penyidikan (P2) Bea Cukai Bandar Lampung bergerak melakukan operasi patroli darat & pemeriksaan terhadap sarana pengangkut yang melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan. Pada saat patroli berlangsung dan Tim P2 Bea Cukai Bandar Lampung mencoba untuk menghentikan salah satu sarana pengangkut berupa truk, pengendara/supir truk tersebut mencoba kabur dari pemeriksaan bea cukai. Namun, pada akhirnya Tim P2 Bea Cukai Bandar Lampung berhasil mengejar dan memberhentikan truk tersebut di Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar, Lampung Selatan.

Dari hasil pemeriksaan terhadap truk, Tim P2 Bea Cukai Bandar Lampung mendapati rokok berjenis Sigaret Kretek Mesin (SKM) yang seluruhnya diduga dilekati dengan Pita Cukai Palsu dengan jumlah barang yaitu 1.832.000 Batang. Selain bermuatan rokok, truk tersebut juga memuat barang berupa meubel untuk menyamarkan pengangkutan rokok tersebut. Adapun jumlah Nilai Barang atas penindakan kali ini yaitu sebesar Rp1.868.640.000,- dan potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan mencapai Rp1.086.962.000,-. Selanjutnya truk beserta supir dibawa ke Kantor Bea Cukai Bandar Lampung untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Modus pengelabuhan ini menambah daftar panjang keberhasilan Bea Cukai Bandar Lampung dalam upaya penggagalan peredaran barang rokok illegal dan pengamanan penerimaan negara. Kepala Kantor Bea Cukai Bandar Lampung, Esti Wiyandari meminta kepada seluruh petugas agar selalu menjaga integritas dan meningkatkan sinergi baik internal maupun eksternal (Aparat Penegak Hukum lainnya) demi terciptanya bea cukai yang makin baik. Selain itu, Esti Wiyandari juga menyampaikan bahwa pihaknya senantiasa berkomitmen untuk melakukan upaya menggempur rokok illegal sehingga dapat menghilangkan keresahan yang selama ini dialami oleh masyarakat serta pelaku usaha legal atas beredarnya rokok illegal di Wilayah Lampung. Penindakan ini juga diharapkan bisa memberikan efek jera bagi para pelaku peredaran rokok illegal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *