Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Gencar Gempur Rokok Ilegal di Pintu Gerbang Pulau Sumatera

Semangat gempur rokok illegal kian membara dipenghujung tahun 2023. Bea Cukai Lampung sebagai garda terdepan dalam hal pengawasan peredaran rokok illegal di provinsi paling selatan pulau Sumatera, berhasil menindak total 1,4 juta batang rokok ilegal dengan potensi kerugian negara 1,2 miliar rupiah. Penindakan tersebut dilakukan selama kurang lebih tiga pekan dari tanggal 3 – 17 Desember 2023. Modus dari pelaku pengedaran rokok illegal kali ini bermacam-macam yaitu melalui jasa angkutan bus AKAP (Anatar Kota Antar Provinsi), jasa angkutan travel, penyelundupan dalam truk pengangkut pupuk, dan bahkan menggunakan mobil pribadi untuk mengedarkan rokok ilegal ke warung-warung.

Penindakan ini merupakan hasil dari sinergi yang sangat baik antara Bea Cukai Lampung bersama Denpom AD II/3 Lampung dan Kepolisian Sektor Jati Agung. Selain hasil dari penindakan bersama penegak hukum lain. Bea Cukai Lampung juga menerima penyerahan barang bukti penindakan dari Kepolisian Sektor Khusus Pelabuhan Bakauheni yang barang berupa barang bukti penindakan sebanyak 82.000 batang rokok illegal dengan perkiraan nilai barang 102 juta rupiah dan total nilai kerugian negara sebesar 70 juta rupiah. Seluruh barang hasil penindakan beserta pelaku pengangkutan rokok ilegal yang ditindak telah diamankan ke Kantor Bea Cukai Lampung untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Penindakan tersebut merupakan bentuk nyata konsistensi Bea Cukai Lampung dalam melindungi masyarakat dari peredaran rokok ilegal, khususnya di wilayah Lampung dan wilayah lain di pulau Sumatera. Hal ini juga diharapkan dapat menekan dampak buruk rokok ilegal terhadap perekonomian dan kesehatan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.