Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

IHT Pengelolaan Kinerja dan Budaya Organisasi

Bandar Lampung, 11 November 2019. Organisasi sebagaimana hakikatnya merupakan satu kesatuan dari berbagai unsur yang saling bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama dimana dalam setiap prosesnya ada hubungan timbal balik diantara unsur-unsur tersebut. Selaras dengan makna tersebut, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebagai sebuah organisasi tentunya memiliki tujuan yang ingin dicapai yang tertuang dalam sebuah visi, yakni "Menjadi Institusi Kepabeanan dan Cukai Terkemuka di Dunia". Lalu bagaimana cara agar visi tersebut dapat tercapai? Apa yang harus dilakukan oleh tiap-tiap unsur didalamnya? Bagaimana tolak ukur keberhasilannya?

Mengingat pentingnya peran pegawai sebagai salah satu unsur dari organisasi, setiap pegawai harus paham dan mengerti tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi, dan atas dasar tersebut Bea Cukai Bandar Lampung mengadakan kegiatan pengembangan wawasan pegawai yang diberi judul "Inhouse Training Pengelolaan Kinerja dan Budaya Organisasi" dengan pemateri Muliya selaku Kepala Subseksi Kepatuhan Pelaksanaan Tugas Pengawasan. Tujuan utamanya adalah untuk mengedukasi pegawai tentang apa yang ingin dicapai DJBC dan bagaimana langkah nyata untuk mencapai tujuan tersebut. Lalu apa hubungannya visi organisasi dengan pengelolaan kinerja?  

Dalam sebuah piramida digambarkan bahwa Visi berada pada puncak piramida sebagai apa yang ingin dicapai organisasi, Visi dijabarkan dalam beberapa Misi, Misi dijabarkan dalam beberapa Tujuan, Tujuan dijabarkan dalam beberapa Sasaran Strategis (SS), Sasaran Strategis (SS) dijabarkan dalam beberapa Indikator Kinerja Utama (IKU), dan IKU dijabarkan lagi dalam Inisiatif Strategi. Pengelolaan kinerja yang baik dalam setiap tahapan jabatan akan mendukung tercapainya visi organisasi. Pengelolaan kinerja yang baik akan memastikan bahwa setiap unsur dalam organisasi telah bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing dan selaras dengan pencapaian tujuan utama organisasi.

Gallery

upload1 upload2 upload3 upload4 upload5 upload7 upload8

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *