Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

IHT Penyidikan Tindak Pidana Pencucian Uang

Bandar Lampung, 31 Oktober 2019. Pencucian uang atau biasa disebut money laundering adalah suatu upaya perbuatan untuk menyembunyikan atau menyamarkan asal usul uang/dana atau harta kekayaan hasil tindak pidana melalui berbagai transaksi keuangan agar uang atau harta kekayaan tersebut tampak seolah-olah berasal dari kegiatan yang sah/legal. Tindak pidana pencucian uang tidak hanya mengancam stabilitas dan integritas sistem perekonomian dan sistem keuangan, tetapi juga dapat membahayakan sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Melihat besarnya dampak kerugian tindak pidana pencucian uang bagi masyarakat dan maraknya kasus pencucian uang akhir-akhir ini, Bea Cukai Bandar Lampung merasa sangat perlu untuk meningkatkan kompetensi pegawai terkait penyidikan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), khususnya bagi mereka yang bekerja sebagai penyidik internal Bea dan Cukai. Acara yang digelar selama 2 hari yaitu 30-31 Oktober 2019 ini mengusung tema “Inhouse Training Penyidikan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU)”. Adapun pesertanya adalah perwakilan pegawai dari Bea Cukai Bandar Lampung, Kanwil DJBC Sumbagbar, Bea Cukai Bengkulu, dan Bea Cukai Teluk Bayur.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Kantor Bea Cukai Bandar Lampung, Muhammad Hilal Nur Sholihin. Acara selama 2 hari dibagi menjadi 3 bagian penyampaian materi. Bagian I yaitu materi terkait Kapita Selekta KUHAP dan Pembuktian disampaikan oleh Tumbur Abarham Jonathan Hutabarat (Kasubsi Penyidikan dan BHP Bea Cukai Cikarang), bagian II yaitu materi terkait Pra-Peradilan disampaikan oleh Benny Wismo Noegroho (Kasi Upaya Hukum III Direktorat Kebaratan, Banding, dan Peraturan), dan materi III yaitu terkait TPPU yang disampaikan oleh Nanang Suhendra (Kasubsi Penyidikan dan BHP Bea Cukai Bekasi). Dalam penyampaian materi diselingi dengan sesi diskusi dan dilakukan pre serta post-test untuk mengukur tingkat penyerapan materi oleh peserta kegiatan.

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mengedukasi pegawai di lingkungan Kanwil DJBC Sumbagbar tentang Tindak Pidana Pencucian Uang dan meningkatkan kompetensi serta wawasan para penyidik internal Bea dan Cukai. Para narasumber tidak hanya menyampaikan teori dan peraturan yang berlaku tetapi juga sharing pengalaman mereka selama praktik langsung di lapangan menangani kasus-kasus TPPU. Kegiatan-kegiatan peningkatan kompetensi seperti ini diharapkan dapat terus diadakan oleh Bea Cukai Bandar Lampung kedepannya. Semakin baik pengetahuan dan kompetensi para pegawai (khususnya penyidik) diharapkan dapat menekan kasus Tindak Pidana Pencucian Uang di masyarakat terutama yang berkaitan dengan kegiatan di bidang Kepabeanan dan Cukai.

Gallery

upload1 upload8 upload9 upload10 upload2 upload3 upload5 upload6 upload7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *