Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241

Integritas Tinggi untuk Lawan Korupsi dan Gratifikasi

Bandar Lampung, 28 Februari 2020. “Berani melakukan perubahan dan melawan korupsi adalah sesuatu yang membuat kita lebih dihargai” – Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati. Kata-kata sederhana namun penuh makna tersebut sudah selayaknya menjadi pesan sekaligus landasan bagi seluruh pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan dalam menjalankan tugasnya. Integritas adalah sesuatu yang mutlak. Sesuatu yang sudah akrab di telinga kita dan sangat esensial. Sesuatu yang sepertinya sudah sangat kita pahami tetapi terkadang sulit diimplementasikan.

Image may contain: 1 person

Sebagai bentuk usaha dalam meningkatkan integritas dan membentuk mental pegawai yang jujur, Bea Cukai Bandar Lampung menyelenggarakan internalisasi terkait pencegahan korupsi dan gratifikasi. Tujuan utama kegiatan tersebut adalah untuk memberikan edukasi dan meningkatkan pemahaman para pegawai akan bentuk-bentuk tindak pidana korupsi dan gratifikasi, faktor penyebab, serta bagaimana cara pencegahannya. Acara diselenggarakan selama dua hari mulai 27 sampai dengan 28 Februari 2020 dan dikemas menjadi dua sesi, sesi pertama untuk pegawai milenial dan pegawai Seksi P2, seksi kedua untuk pemeriksa barang dan Pejabat Eselon V. Acara diisi dengan pemaparan materi oleh Seksi Kepatuhan Internal dan dilanjutkan dengan sesi curhat dimana seluruh peserta diberikan kesempatan untuk menyampaikan aspirasi dan keluh kersahnya selama menjalankan tugas di KPPBC TMP B Bandar Lampung.

Image may contain: 7 people, people sitting

Korupsi bisa terjadi disebabkan tiga faktor utama, dipaksa (oleh sistem), terpaksa (oleh kebutuhan), dan memaksa (oleh keserakahan). Korupsi paling sederhana yang sering terjadi di lingkungan kerja dan sering kali tidak disadari oleh pelakunya adalah korupsi waktu. Sesuai dengan harapan Kepala Kantor Bea Cukai Bandar Lampung yang tentunya sejalan dengan harapan organisasi, integritas adalah tanggung jawab dan kewajiban setiap pegawai. Integritas harus senantisa dijunjung tinggi meski tidak ada yang melihat dan menghakimi. Pegawai berintegritas tinggi untuk Indonesia Maju, pegawai berintegritas tinggi untuk Bea Cukai Makin Baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *