Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Isi Ilmu Pegawai Bea Cukai Lampung

Bandar Lampung, 08 Juli 2020. Guna meningkatkan pengetahuan para pegawainya, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B (KPPBC TMP B) Bandar Lampung menyelenggarakan kegiatan Program Pembinaan Keterampilan Pegawai (P2KP). Pada P2KP kali ini diisi oleh Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai KPPBC TMP B Bandar Lampung. Topik kegiatan mengambil materi tentang Peraturan Menteri Keuangan nomor 131/PMK.04/2018 tentang Kawasan Berikat dan Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor PER-19/BC/2018 tentang Tata Laksana Kawasan Berikat.

Kegiatan P2KP dilakukan dengan menggunakan aplikasi zoom meeting guna penerapan pembatasan interaksi fisik (physical distancing) mengingat masa pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir sampai saat ini. Kegiatan dibuka oleh MC yang telah disiapkan dan diawali dengan penyelenggaraan pre-test via aplikasi “Quizizz” untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan para pegawai tentang kawasan berikat sebelum disampaikan materi. Selanjutnya, Budhi Irawan mewakili Kepala KPPBC TMP B Bandar Lampung memberikan sambutan atas kegiatan P2KP dan menyampaikan kepada para pegawai untuk menyimak materi dengan baik. Saat ini memang tidak semua pegawai bersinggungan langsung dengan kegiatan kawasan berikat namun akan ada waktunya pegawai dipindahkan pada bagian tersebut melalui rolling pegawai yang dilakukan pada tiap tahunnya. Kegiatan P2KP ini diharapkan agar pada saat pegawai masuk di bagian tersebut, sudah memiliki pengetahuan yang memadai sehingga lebih mudah beradaptasi atas tugas baru yang akan dilaksanakan.

Selanjutnya, materi disampaikan oleh Ali Nawawi tentang pengertian kawasan berikat, persyaratan izin kawasan berikat, dokumen kawasan berikat, dan pelayanan serta pengawasan barang keluar masuk kawasan berikat. Setelah materi disampaikan, para peserta diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan maupun pendapat atas kegiatan P2KP ini. Sebelum acara ditutup, kegiatan P2KP ini memutar video untuk menghibur dan menambah semangat bekerja para pegawai selama masa pandemi Covid-19. Di akhir sesi, dilakukan kegiatan post test via aplikasi “Quizizz” untuk mengetahui peningkatan pengetahuan pegawai setelah diberikan materi kawasan berikat. Pegawai yang mendapatkan 3 posisi teratas pada kegiatan pre-test dan post test akan diberikan souvenir menarik sebagai apresiasi atas pengetahuan yang dimilikinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *