Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Jaga Kestabilan Harga Transaksi, Bea Cukai Lampung Terus Pantau Harga Jual Eceran Rokok

Bandar Lampung (11/06/2021) – Pantau harga transaksi rokok di pasaran, Bea Cukai Lampung kembali mengerahkan tim untuk mendatangi Tempat Penjualan Eceran berupa toko maupun warung kecil yang menjual barang berupa Hasil Tembakau. Target Pemantauan kali ini adalah ke Kecamatan Pagar Dewa, Tulang Bawang Barat dan Kecamatan Abung Semuli, Lampung Utara. Pemantauan dilakukan pada tanggal 9-10 Juni 2021.

Pengecekan Harga Transaksi Pasar (HTP) ini rutin dilakukan untuk melihat seberapa besar perbandingan harga pada tingkat konsumen akhir dengan Harga Jual Eceran (HJE) yang telah ditetapkan Pemerintah, yang tercantum pada pita cukai produk rokok. Hal ini untuk memastikan bahwa HTP tidak melampui batasan HJE per batang atau gram di atasnya atau kurang dari 85% dari HJE yang tercantum dalam pita cukai.

Di samping melakukan pengecekan HTP, petugas Bea Cukai juga melakukan sosialisasi mengenai ciri-ciri serta cara mengidentifikasi rokok ilegal yang keberadaannya masih ada di pasaran. Dijelaskan pula kepada masyarakat mengenai bahaya yang diakibatkan rokok ilegal, baik dari segi ekonomi maupun dari segi kesehatan, karena produksinya tidak memenuhi standar-standar yang ditentukan. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat terwujud kestabilan harga transaksi produk hasil tembakau, yang disertai dapat ditekannya jumlah penjualan serta pengonsumsian rokok ilegal di masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *