Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Jelang Akhir Tahun, Bea Cukai Pantau Harga Transaksi Rokok di Lampung

Bandar lampung (15/12/2020) – Menjelang akhir tahun 2020, Bea Cukai Bandar Lampung sambangi toko-toko dan warung-warung di Provinsi Lampung untuk melaksanakan pemantauan terhadap harga transaksi pasar produk hasil tembakau berupa rokok. Daerah yang didatangi kali ini antara lain Kecamatan Kota Agung, Kecamatan Jati Agung, Kecamatan Padang Ratu, Kecamatan Abung Kunang, Kecamatan Trimurjo dan Kecamatan Bumi Agung. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memantau kesesuaian harga jual eceran yang telah ditetapkan bea cukai, dengan kondisi riil di lapangan.

Kegiatan ini dilaksanakan melalui tatap muka langsung ke masyarakat yang berjualan di toko-toko dan warung-warung.Kegiatan dilaksanakandengan tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. Petugas Bea Cukai mendata harga jual eceran rokok dari berbagai merek, serta mendata jumlah stok rokok yang dimiliki penjual. Disamping melakukan pendataan tersebut, dilakukan juga sosialisasi mengenai rokok ilegal.

Dalam sosialisasi, disampaikan mengenai cara mengidentifikasi rokok ilegal, ciri-ciri rokok ilegal, serta modus-modus yang biasa digunakan para produsen rokok ilegal dalam memasarkan rokok-rokoknya. Dijelaskan pula mengenai konsekuensi hukum yang akan terjadi apabila para penjual kedapatan menjual rokok ilegal, yang mana dapat berujung kepada hukum pidana.Dari segi ekonomi, Rokok Ilegal ini pun dapat merusak keseimbangan perekonomian karena harganya yang tidak wajar. Dari kegiatan ini, diharapkan dapat terwujud keseimbangan harga transaksi pasar produk rokok, yang dapat mewujudkan perekonomian provinsi Lampung yang lebih adil dan merata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *