Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Kanwil DJBC Sumbagbar dan Bea Cukai Bandar Lampung Bersinergi dengan Dit. Polairud Polda Lampung Melakukan Patroli Laut Bersama untuk Mengamankan Kedaulatan Maritim NKRI

Bandar Lampung (24/02/2021) – Kanwil DJBC Sumbagbar dan Bea Cukai Bandar Lampung bersama Direktorat Polairud Polda Lampung laksanakan kegiatan patroli laut bersama sebagai upaya untuk meningkatkan pengawasan dalam mengamankan wilayah perairan laut dan kedaulatan Indonesia. Hal ini juga sebagai tindak lanjut perjanjian Bea Cukai dengan Kepolisian Negara Indonesia dalam peningkatan sinergi, tugas operasional, dan sumber daya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi. Kegiatan patroli laut bersama ini dilaksanakan sejak tanggal 24 sampai dengan 28 Februari 2021 dengan menyasar wilayah perairan Lampung.

Kegiatan patroli laut ini diawali dengan pelaksanaan Apel Sinergi Operasi Patroli Laut Bea Cukai Bersama Polairud Polda Lampung pada Rabu, 24 Februari 2021 bertempat di Dermaga B Pelabuhan Panjang. Pada kegiatan tersebut turut hadir Kunto Prasti Trenggono selaku Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil DJBC Sumatera Bagian Barat sekaligus pengambil apel dan Kompol Handak Prakasa Qalbi, S.T., M.H. selaku Pjs. Kasubdit Patroli Polairud.

Selanjutnya, kegiatan patroli laut dilaksanakan menggunakan kapal patroli Bea Cukai BC15013  dengan menurunkan 1 (satu) tim berkekuatan 10 (sepuluh) personil yang merupakan gabungan antara 5 (lima) petugas Bea Cukai dan 5 (lima) petugas Polairud Polda Lampung. Misi utama dari kegiatan patroli laut kali ini adalah pengawasan kegiatan impor, ekspor, dan kegiatan di bidang kepabeanan dan cukai serta penegakan hukum di bidang kemaritiman. Kegiatan pengawsan tersebut dilakukan dengan menyasar kapal-kapal yang sedang berkegiatan di wilayah pesisir Lampung dengan tetap menerapkan protokol keselamatan dan protokol kesehatan dalam rangka upaya pencegahan penularan virus Covid-19.

Dengan adanya kegiatan koordinasi yang baik ini diharapkan dapat dilakukan secara konsisten dan dapat meningkatkan sinergitas antara Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dengan Kepolisian Negara Indonesia sehingga peran aparat negara dalam melindungi masyarakat dan menjaga kedaulatan negara dapat terwujud. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *