Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Kembangkan Potensi Tembakau, Bea Cukai Sosialisasikan Cukai ke Pemda Lampung Barat

Bandar Lampung, 24 November 2020. Dalam rangka mengembangkan potensi tembakau di Lampung Barat melalui pemberdayaan dana dagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) yang optimal, Bea Cukai Bandar Lampung adakan sosialisasi mengenai cukai hasil tembakau. Bertempat di Aula Bappeda Lampung Barat, sosialisasi ini diikuti oleh Aparatur Sipil Negara dari berbagai instansi di lingkungan Pemerintah Daerah Lampung Barat. Sosialisasi dilaksanakan melalui presentasi tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

Kabupaten Lampung Barat dipilih sebagai tempat pelaksanaan sosialisasi karena pengembangan industri tembakau di wilayah ini dipandang potensial, didukung dengan fakta bahwa porsi DBHCHT di Kabupaten Lampung Barat merupakan yang terbesar di tingkat Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung. Dalam sosialisasi ini, dijelaskan secara rinci mengenai cukai hasil tembakau. Penjelasan tersebut meliputi pengertian, ruang lingkup, filosofi, hingga cara identifikasi keaslian pita cukai. Diadakan pula simulasi identifikasi keaslian pita cukai rokok yang melibatkan peserta sosialisasi.

Pemahaman Instansi di lingkungan Pemerintah Daerah terhadap cukai hasil tembakau sangat lah penting, mengingat mereka merupakan garda terdepan dalam rangka mengelola pemanfaatan dana bagi hasil cukai tembakau. Pada Sosialisasi ini, ditekankan pula mengenai perlunya peran aktif Pemerintah Daerah Lampung Barat dalam mengampanyekan pemberantasan rokok ilegal yang dapat merusak roda perekonomian akibat timpangnya pendapatan serta timbulnya resiko terhambatnya distribusi pemanfaatan cukai yang berkelanjutan. Dengan diadakannya sosialisasi ini, diharapkan peredaran rokok ilegal dapat ditekan, serta dapat terwujud pemberdayaan DBHCHT yang maksimal dan tepat sasaran  sehingga dapat mendukung perekonomian daerah Lampung Barat agar lebih maju dan sejahtera.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *