Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Kepala Bea Cukai Bandar Lampung Pantau Langsung ke Lapangan

Bandar Lampung, 24 Agustus 2020. Kepala Bea Cukai Bandar Lampung, Esti Wiyandari, terjun langsung memantau proses pembongkaran barang impor curah di luar kawasan pabean milik PT Adikarya Gemilang. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan pengawasan Bea Cukai Bandar Lampung terhadap importasi barang yang masuk di Wilayah Lampung. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 108/PMK.04/2020 tentang Pembongkaran dan Penimbunan Barang Impor, Bea Cukai melakukan pengawasan terhadap pembongkaran barang impor secara selektif dan berdasarkan manajemen resiko.

PT Adikarya Gemilang sebagai salah satu stakeholder Bea Cukai Bandar Lampung merupakan anak perusahaan dari Sungai Budi Group. Perusahaan ini bergerak di bidang importasi barang berupa molasses yang berasal dari beberapa negara. Molasses merupakan produk sampingan dari industri pengolahan gula tebu atau gula bit yang masih mengandung gula dan asam-asam organik hingga akhirnya nanti menjadi produk gula kemasan yang akan diedarkan/dijual di Indonesia.

Kedatangan Kepala Kantor Bea Cukai Bandar Lampung ke lokasi pembongkaran selain dalam rangka kegiatan pengawasan juga untuk membangun sinergi dan komunikasi yang baik sehingga para stakeholdernya mengetahui dan memahami ketentuan-ketentuan di bidang kepabeanan yang berlaku. Esti Wiyandari melihat secara langsung proses pembongkaran barang dari atas kapal, lalu molasses diambil dengan menggunakan hopper hingga langsung dimasukkan ke sarana pengangkut truk hingga diangkut masuk ke gudang PT Adikarya Gemilang. Selain itu, pada kesempatan ini, Esti Wiyandari juga ikut melihat kegiatan produksi di pabrik PT Adikarya Gemilang hingga menghasilkan produk gula putih kristal yang banyak dijual di Provinsi Lampung. Bea Cukai Bandar Lampung senantiasa berkomitmen dalam pengawasan yang optimal sejak awal kedatangan sarana pengangkut hingga selesainya kewajiban kepabeanan atas barang yang masuk maupun keluar dari Indonesia, namun juga senantiasa memberikan pelayanan prima kepada stakeholdernya demi Bea Cukai yang Makin Baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *