Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Lakukan Tinjauan, Direktur Teknis Kepabeanan DJBC kunjungi Perusahaan Eksportir di Lampung

Bandar Lampung (31/03/2021) – Ingin dengarkan kebutuhan pengguna jasa secara langsung, Bea Cukai kunjungi PT Great Giant Pineapple (PT GGP) yang merupakan salah satu eksportir sekaligus pengguna fasilitas tempat penimbunan berikat di wilayah Lampung. Kunjungan kali ini cukup spesial karena dihadiri oleh Direktur Teknis Kepabeanan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, R. Fadjar Donny Tjahjadi. Fadjar datang ke Pabrik PT GGP pada tanggal 31 Maret 2021 bersama tim dari kantor pusat, didampingi oleh petugas hanggar bea cukai serta petugas dari seksi penyuluhan dan layanan informasi dari Kantor Bea Cukai Lampung.


Selama rangkaian acara, protokol kesehatan terus dijalankan demi mengurangi risiko penyebaran virus corona. Rangkaian acara diawali dengan kunjungan lapangan untuk melihat rangkaian proses industri pengolahan barang ekspor, untuk mengetahui bagaimana proses bisnis yang dijalankan oleh PT GGP. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi serta asistensi yang diadakan di ruang rapat PT GGP. Rapat dihadiri oleh General Manager PT GGP beserta jajaran. Dalam asistensi, disampaikan beberapa keluhan serta masukan terkait pelayanan, khususnya di bidang ekspor.


Permasalahan terkait dwelling time, atau lama waktu pemrosesan barang ekspor untuk sampai ke tangan konsumen di luar negeri menjadi pokok bahasan utama. Lantaran produk utama ekspor PT GGP yang berupa buah segar sangat peka waktu terkait kesegarannya, waktu pemrosesan yang singkat menjadi penting untuk membantu produknya bersaing di luar negeri. Menyikapi hal tersebut, untuk memangkas waktu pemrosesan, Bea Cukai terus melakukan koordinasi dengan instansi dalam negeri terkait di bidang perdagangan internasional, termasuk membangun koordinasi yang baik dengan pihak bea cukai di luar negeri. Dari kunjungan ini, diharapkan hambatan yang dihadapi perusahaan dapat menjadi bahan evaluasi bagi bea cukai untuk menentukan arah kebijakan serta pemberian fasilitas yang lebih baik dan dapat meningkatkan ekspor Indonesia ke depannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *