Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241

Langkah Pos Lalu Bea Bandar Lampung Antisipasi Penyebaran COVID-19

Bandar Lampung (26/03/2020) – Angka pasien yang terinfeksi virus SARS CoV-2 atau yang lebih dikenal dengan Covid-19 atau Virus Corona, meningkat tiap harinya. Saat artikel ini dibuat, pada situs Gugus Tugas Penanganan COVID-19 ↗, tercatat kasus positif di Indonesia telah mencapai 893 orang dengan total sembuh 35 orang dan meninggal 78 orang. Wabah virus yang statusnya telah masuk dalam kategori pandemi oleh World Health Organization (WHO) dan belum ditemukan obat maupun vaksinnya ini, membuat pemerintah mengambil langkah preventif untuk menekan jumlah penyebaran virus, salah satunya dengan penerapan kebijakan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH).

Namun begitu, masih tetap ada instansi pemerintah yang tetap harus melakukan pelayanan di lapangan, salah satunya adalah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Untuk tetap menjaga kesehatan para pegawai Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dan Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Heru Pambudi menginstruksikan para pegawai yang masih harus tetap melakukan pelayanan di lapangan untuk mengambil langkah-langkah preventif, di antaranya menggunakan alat pelindung diri (APD) standar saat bertugas seperti masker dan sarung tangan, sering mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer, serta menjaga lingkungan tempat bertugas tetap steril dengan cara melakukan penyemprotan disinfektan.

Pada Kamis, 26 Maret 2020, telah dilakukan penyemprotan disinfektan pada salah satu Tempat Penimbunan Sementara Kantor Pengawasan dan Pelayanan Tipe Madya Pabean B Bandar Lampung (Bea Cukai Lampung) yaitu Pos Lalu Bea yang terletak di Kantor Pos Indonesia di daerah Pahoman, Bandar Lampung. Penyemprotan disinfektan ini adalah hasil koordinasi dengan pihak Kantor Pos Indonesia sebagai salah satu langkah antisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan kantor pos. Penyemprotan disinfektan juga disaksikan oleh Kepala Kantor Pos Bandar Lampung, Yessi Agustianti dan Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai I, Sri Karyono.

Sri Karyono sempat berdiskusi dengan para petugas Bea Cukai mengenai proses pemeriksaan barang kiriman serta kendalanya selama masa pandemi. Sri dan Yessi juga berpesan agar para petugas Bea Cukai serta petugas Kantor Pos tetap menjalankan tugas dengan lebih berhati-hati dengan cara melengkapi diri dengan APD, sering mencuci tangan, serta menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup yang baik.

Dengan langkah-langkah preventif yang telah diambil, diharapkan para petugas dapat bekerja dengan lebih aman dan dapat terhindar dari Virus Corona. Untuk mencegah dan menekan angka penyebaran virus, Bea Cukai juga berharap agar masyarakat dapat mengikuti imbauan dari pemerintah yaitu dengan melakukan social/physical distancing atau menjaga jarak/mengurangi kontak dengan orang lain serta menghindari keramaian dengan tetap berada di rumah jika tidak ada hal penting yang harus dilakukan di luar rumah. Sehingga biarkan kami bekerja di rumah untuk kamu dan kamu tetap di rumah untuk kami dan Indonesia.

Setelah membaca artikel berita ini, mari luangkan waktu sejenak untuk berdoa agar pandemi ini segera berakhir sehingga kita dapat kembali beraktivitas seperti biasa.

Perbarui informasi resmi Anda mengenai pandemi COVID-19 di Provinsi Lampung dan Indonesia pada tautan berikut:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *