Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Masyarakat Tulang Bawang Barat Antusias Kenali Rokok Ilegal

Bandar Lampung (02/12/2020) – Di penghujung triwulan ke-4 di tahun 2020, Bea Cukai Bandar Lampung kembali melaksanakan sosialisasi Barang Kena Cukai (BKC) hasil tembakau (rokok) di tengah pandemi Covid-19 dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Kegiatan dilakukan di Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat yang mempunyai Motto Dearah “Ragem Sai Mangi Wawai” yang artinya Bersama Menuju Kebaikan.

Tim kali ini merupakan kolaborasi antara pegawai pada Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Subbagian Umum, dan Seksi Kepatuhan Internal. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan dengan memberikan pemahaman kepada pemilik warung/toko tentang cara mengidentifikasi pita cukai pada kemasan BKC berupa rokok.  Pemilik warung/toko pun antusias mendengarkan dan memahami dengan seksama ketika petugas menjelaskan kriteria rokok ilegal atau rokok yang tidak boleh diperjualbelikan.

Disamping melakukan sosialisasi, tim kali ini juga membagikan poster “Yuk Kenali Rokok Ilegal” ke setiap warung/toko yang diberikan sosialisasi serta memasang poster tersebut di tempat lain yang memungkinkan dilakukan pemasangan poster. Poster ini berisi tentang jenis-jenis pelanggaran Barang Kena Cukai berupa rokok, antara lain rokok polos, rokok dengan pita cukai palsu, rokok dengan pita cukai bekas, dan rokok dengan pita cukai berbeda. Di dalam poster, disertakan pula contact center yang dapat dihubungi jika masyarakat menemukan rokok ilegal.

Pelaksanaan sosialisasi kali ini diharapkan mampu menambah wawasan serta mengedukasi para pemilik toko/warung dalam melakukan kegiatan jual beli khususnya rokok. selain pandemi virus Covid-19 yang harus diberantas, rokok ilegal pun harus diberantas juga demi melindungi produsen resmi rokok. Demi Bea Cukai yang Makin Baik. Untuk Indonesia Maju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *