Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241

Melanjutkan Rangkaian Cek HTP Triwulan I Tahun 2020

Bandar Lampung, 11 Maret 2020. Rangkaian kegiatan pemeriksaan Harga Transaksi Pasar (HTP) sekaligus sosialisasi Barang Kena Cukai (BKC) triwulan pertama tahun 2020 terus berlangsung. Kali ini Bea Cukai Bandar Lampung berkesempatan mendatangi  Kecamatan Sukadana dan Kecamatan Bumi Agung, Kabupaten Lampung Timur. Pemeriksaan HTP dan sosialisasi BKC dilakukan di warung-warung penjual eceran BKC mulai dari warung-warung kecil di pemukiman warga sampai ke toko-toko grosir besar di pasar induk setempat.

Kegiatan sosialisasi difokuskan pada pengenalan desain pita cukai terbaru tahun 2020, cara-cara mengenali rokok yang legal dijual di pasaran, membedakan pita cukai yang asli dan yang palsu, serta ancaman denda administrasi dan pidana bagi pelanggar ketentuan di bidang cukai. Sebagian besar masyarakat di dua kecamatan tersebut masih sangat minim informasi terkait peredaran rokok ilegal, prinsip mereka adalah menjual rokok-rokok dengan harga terjangkau yang banyak diminati pembeli dan cenderung mengabaikan legalitas produknya. Mereka belum memahami akan bahaya peredaran rokok ilegal baik bagi konsumen dari segi kesehatan, bagi produsen BKC lain dari segi persaingan usaha, maupun bagi pemerintah dari segi penerimaan negara.

Pemerintah yang dalam hal ini tugasnya diamanahkan kepada Bea Cukai, memiliki tanggung jawab untuk memungut cukai atas setiap produk Barang Kena Cukai yang beredar. Bukan semata-mata untuk meningkatkan peneriman negara, pembebabanan cukai lebih esensial lagi berfungsi sebagai salah satu instrumen pemerintah dalam menekan konsumsi barang yang dianggap mengganggu kesehatan masyarakat. Kegiatan-kegiatan sosialisasi yang sudah, sedang, dan akan terus dilaksanakan Bea Cukai Bandar Lampung diharapkan dapat disambut baik masyarakat dan bersama-sama secara bersinergi menjalankan amanat pemerintah dalam memberantas peredaran rokok ilegal di Provinsi Lampung,  “Cukai untuk Kita” demi “Bea Cukai Makin Baik”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *