Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Memasuki Akhir Tahun 2022, Bea Cukai Lampung Adakan Focus Group Discussion Membahas Penguatan Budaya Kemenkeu

Bandar Lampung (14/12/2022) – Lanjutkan agenda triwulanan, Bea Cukai Lampung adakan kembali kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Triwulan IV yang diikuti oleh seluruh pegawai Bea Ckai Lampung. Kegiatan dilaksanakan secara hybrid, yaitu diikuti secara tatap muka oleh pegawai yang bertugas di kantor, dan diikuti secara daring oleh pegawai yang mendapatkan penugasan di luar kantor. Acara dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2022, bertempat di Aula Bea Cukai Lampung.

FGD kali ini mengambil tema “Penguatan Budaya Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Mendukung Layanan Digital dan Penerimaan Optimal” yang menghadirkan Kepala Kantor Bea Cukai Lampung, Arif, sebagai pemimpin diskusi. Diskusi diawali dengan pemaparan materi mengenai Penguatan Budaya Kemenkeu. Di dalamnya dibahas mengenai urgensi serta referensi penguatan budaya, ekosistem budaya, transformasi cara kerja, infrastruktur budaya, serta program pemantauan dan evaluasi terhadap penguatan budaya di Kementerian Keuangan. Kemudian, penyampaian materi dilanjutkan dengan perkembangan layanan digital di lingkup Kemenkeu.

Pembahasan dimulai dengan transformasi digital administrasi pajak Indonesia menuju Tax Administration 3.0 yang ruang lingkupnya meliputi implementasi NPWP 16 digit, pemutakhiran validasi NPWP, serta perluasan KSWP bagi entitas selain Intansi Pemerintah Penyelenggaraan Layanan Publik. Kemudian, pembahasan dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai Customs-Excise Information System and Automation (CEISA), yang sudah memasuki era CEISA 4.0. Penerapan CEISA 4.0 yang dibarengi dengan penerapan National Logistic Ecosystem (NLE) efektif dalam optimalisasi penerimaan negara, fasilitasi perdagangan, pengawasan, serta support system yang lebih baik dalam perdagangan internasional. Dari pelaksanaan FGD ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman serta awareness dari pegawai Bea Cukai Lampung terhadap Penguatan Budaya Kemenkeu serta Optimalisasi Layanan Digital, agar pelaksanaan tugas harian dapat dijalankan dengan lebih professional, efektif dan efisien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.