Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Menekan Peredaran Rokok Ilegal, Bea Cukai Bandar Lampung Susuri Way Kanan dan Lampung Timur

Lampung, 21 Juli 2020 – Dalam rangka mewujudkan keseimbangan perekonomian dan mengamankan penerimaan negara di bidang cukai, Bea Cukai Bandar Lampung terus gencar melakukan operasi pasar dan sosialisasi rokok ilegal dalam rangka pelaksanaan kerangka penindakan cukai. Penindakan tersebut memiliki nama Operasi Gempur, yang membawa suatu semangat untuk menggempur keberadaan rokok ilegal yang dapat menyebabkan bahaya di lingkungan masyarakat.

Di minggu pertama, pelaksanaan Operasi Gempur yang diadakan oleh Bea Cukai Bandar Lampung mengincar wilayah Kabupaten Way Kanan dan Kabupaten Lampung Timur. Operasi Gempur dilaksanakan berdasarkan Manajemen Risiko wilayah peredaran rokok ilegal di wilayah Provinsi Lampung. Jarak yang cukup jauh bukan lah sebuah halangan bagi Bea Cukai untuk menyisir rokok ilegal di wilayah tersebut.

Dari operasi di minggu pertama ini, petugas berhasil menegah ratusan bungkus Rokok Ilegal yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sebagai barang bukti penindakan. Rokok-rokok tersebut diproduksi dan dijual secara ilegal dengan berbagai modus, di antaranya penggunaan pita cukai tidak sesuai peruntukan, penggunaan pita cukai palsu, bahkan ada juga rokok yang berkemasan polos tanpa dilekati pita cukai. Nantinya, atas rokok ilegal yang ditegah akan dilakukan pemusnahan setelah semua proses hukum telah dilaksanakan.

Selain penindakan atas rokok yang tidak sesuai dengan ketentuan di bidang cukai, Petugas juga melakukan sosialisasi mengenai cara identifikasi pita cukai pada bungkus rokok serta pemasangan poster gempur rokok ilegal pada tempat penjualan rokok, dengan tujuan agar masyarakat umum dapat membedakan jenis rokok legal dan rokok ilegal, sehingga lebih waspada dalam menjual ataupun membeli rokok. Dengan adanya Operasi Gempur rokok ilegal ini, diharapkan peredaran rokok ilegal khususnya dalam wilayah Provinsi Lampung dapat ditekan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *