Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Mengenang Peristiwa Heroik di Laut Aru Bea Cukai Lampung Turut Serta Mengikuti Upacara Hari Dharma Samudera

Bandar Lampung (15/01/2020) – Setiap tanggal 15 Januari 2020 diperingati sebagai Hari Dharma Samudera sejak tahun 1962 untuk mengenang peristiwa heroik di Laut Aru. Peristiwa ini merupakan pertempuran yang melibatkan tiga kapal cepat torpedo TNI Angkatan Laut, yaitu kapal perang RI Macan Tutul, kapal perang RI Harimau dan kapal perang RI Macan Tutul, Kapal perang RI Hariamau dan kapal perang RI Macan Kumbang untuk melawan serangan 2 kapal perang Belanda.

Image may contain: 4 people, people smiling, people standing

Bertempat di dermaga B Pelabuhan Panjang, diadakan Upacara dalam rangka memperingati “Hari Dharma Samudera”, disini Bea Cukai Bandar Lampung pun turut serta mengikuti acara tersebut. Lagu “Gugur Bunga” ciptaan Ismail Marzuki yang terdengar dalam jalannya upacara, memberikan kesan bahwa kita sebagai Bangsa Indonesia betapa kehilangan atas tewasnya para pejuang pertempuran demi menyelamatkan keutuhan NKRI.

Image may contain: 4 people, outdoor

Gugurnya Laksamana Madya TNI (Ant.) Yosaphat Soedarso, atau yang dikenal sebagai Komodor Yos Soedarso dalam pertempuran tersebut, mengajarkan kepada kita bahwa dalam melaksanakan tugas, apalagi tugas negara harus dilakukan secara maksimal, pantang menyerah, dan tanpa pamrih. Maka dari itu Danlanal Lampung sebagai Komandan Upacara menyampaikan pesan bahwa dalam menghadapi perkembangan teknologi 4.0, diperlukan adanya peningkatan iman kepada Tuhan Yang Maha Esa, Perkuat sikap perjuangan, Pupuk jiwa patriotisme, serta Meningkatkan ilmu pengetahuan demi menopang sebuah tugas.

Image may contain: 1 person, standing and text

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *