Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Menjelang Libur Akhir Tahun, Bea Cukai Sosialisasikan Rokok Ilegal ke Lampung Timur

Bandar Lampung (28/12/2020) – Konsisten cegah peredaran rokok ilegal, Bea Cukai Lampung susuri Lampung Timur, tepatnya kecamatan Labuhan Maringgai dan Kecamatan Pasir Sakti untuk mensosialisasikan rokok ilegal kepada penjual eceran di daerah tersebut. Kegiatan dilakukan secara tatap muka langsung, dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19. Sosialisasi dilaksanakan dari tanggal 22-23 Desember 2020.

Beranggotakan tiga orang pegawai dari bidang penyuluhan, tim sosialisasi menuju Lampung Timur dari Pelabuhan Panjang. Jarak yang jauh tak menyurutkan semangat Bea Cukai untuk terus menekan peredaran rokok ilegal secara preventif melalui sosialisasi. Respon yang diberikan oleh penjual eceran pada saat sosialisasi cukup beragam, ada yang antusias karena belum memahami sama sekali, namun ada juga yang kritis memberi pertanyaan karena sudah sedikit memahami terkait peredaran rokok ilegal yang meresahkan.

Dalam sosialisasi, dijelaskan jenis-jenis rokok ilegal antara lain rokok polos, rokok dengan pita cukai palsu, rokok dengan pita cukai bekas dan rokok dengan pita cukai salah peruntukkan. Dijelaskan pula mengenai cara identifikasi sederhana terhadap pita cukai palsu seperti melihat kualitas pita cukai, keutuhan pita cukai, ketidaksesuaian jumlah batang pada pita, ketidaksesuaian jenis rokok pada pita, hingga identifikasi dengan Sinar UV. Kegiatan ini diharapkan dapat membuka wawasan para penjual mengenai dampak ekonomi dan kesehatan rokok ilegal, sehingga timbul semangat untuk bersama-sama memberantas rokok ilegal dari peredaran.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *