Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Operasi Gempur Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) Ilegal Bea Cukai Bandar Lampung

Bandar Lampung (04/12/2020) – Bea Cukai Bandar Lampung terus menerus menggalakkan Operasi Gempur. Salah satunya Operasi Gempur terhadap Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) Ilegal. Operasi ini kerap dilakukan untuk mengawasi peredaran MMEA secara illegal khususnya di wilayah Provinsi Lampung serta mengamankan potensi kerugian negara di sektor penerimaan cukai.

Berdasarkan dari informasi intelijen dan analisa yang dilakukan, bahwa terdapat toko tempat untuk menjual MMEA di wilayah Bandar Lampung tanpa memiliki ijin Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai (NPPBKC). Dari hasil pengembangan pada tanggal 17 November 2020 dan tanggal 18 November 2020, Tim P2 Bea Cukai Bandar Lampung melakukan pemeriksaan terhadap toko dan resto dengan tidak memiliki ijin NPPBKC yang menjual MMEA.

Tidak hanya sampai disitu, Tim P2 Bea Cukai Bandar Lampung berhasil menggagalkan pengiriman MMEA melalui Truk Tronton Wing Box yang tidak dilindungi dokumen pengangkutan yaitu CK-5, dan ternyata membawa MMEA illegal yaitu Tidak Dilekati Pita Cukai (Polos) dan dilekati Pita Cukai Palsu. Pengiriman MMEA illegal dilakukan dengan menggunakan modus barang dicampur barang lain yaitu berupa barang spare part dan kelontongan. Dari kegiatan tersebut, Tim P2 Bea Cukai Bandar Lampung berhasil mengamankan 382 Botol MMEA Impor Ilegal berbagai merk dengan nilai barang berkisar ± 124.5 Juta Rupiah serta total kerugian negara yang berhasil diamankan mencapai ± 285 Juta Rupiah.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kepatuhan kepada tempat penjualan eceran serta memberikan efek jera terhadap siapapun yang terlibat dalam peredaran serta distribusi MMEA illegal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *