Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Optimalkan Penerapan CEISA 4.0, Bea Cukai Bandar Lampung Adakan Coffee Morning

Bandar Lampung, 19 Januari 2021. Bea Cukai Bandar Lampung mengadakan Coffee Morning dengan tema “Implementasi CEISA 4.0” secara daring. Pada Kegiatan ini Bea Cukai Bandar Lampung mengundang para pegawai dan stakeholder di lingkungan KPPBC Tipe Madya Pabean B Bandar Lampung sebagai end user dari aplikasi CEISA 4.0. Tidak hanya itu, turut hadir pula perwakilan dari Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai dan Lembaga National Single Window sebagai Narasumber pada acara tersebut. Acara coffee Morning kali ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengevaluasi penerapan aplikasi CEISA 4.0 yang telah berlangsung sejak tanggal 23 November 2020.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada kegiatan ini diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan “Indonesia Raya”, dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean B Bandar Lampung yaitu Esti Wiyandari. Acara yang dilaksanakan secara daring tersebut dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai optimalisasi penggunaan akun user INSW untuk menunjang kegiatan stakeholder dalam melakukan pengisian formulir BC 2.0 pada aplikasi CEISA 4.0 oleh Wahyu Prasetya Utomo, Kepala Seksi Pengolahan Mutu Layanan Lembaga National Single Window.

Pemaparan materi berikutnya disampaikan oleh Oky Singgih Nugroho, Kepala Seksi Manajemen Layanan Teknologi Informasi Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai. Pada pemaparan materi tersebut disampaikan bahwa Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai telah melakukan penyempurnaan pada aplikasi CEISA 4.0 seperti pembuatan fitur hitung ulang Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI), perbaikan proses pengiriman dokumen ke portal LNSW, perbaikan fitur inhouse CEISA 4.0, dan beberapa perbaikan lain untuk meningkatkan kemampuan aplikasi.

Selain pemaparan materi, stakeholder dan pegawai KPPBC Tipe Madya Pabean B Bandar Lampung diberikan kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan, keluhan, dan saran mengenai penggunaan CEISA 4.0. Penyampaian pertanyaan, keluhan dan saran pada sesi dialog ini disambut baik oleh Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai karena masukan dari pengguna aplikasi CEISA 4.0 sangat penting untuk penyempurnaan aplikasi CEISA 4.0. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan tujuan dari implementasi CEISA 4.0 dapat tercapai, yaitu untuk kemajuan teknologi, penyederhanaan proses bisnis, mengurangi human error, serta memudahkan penerapan aplikasi kepabeanan berbasis teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *