Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Pemeriksaan Kedatangan Jamaah Umroh Bandara Raden Inten II

Bandar Lampung, 17 Desember 2019. Setelah diresmikan sebagai bandara internasional oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Maret 2019, Bandara Raden Inten II Lampung mulai membuka pelayanan penerbangan internasional. Memang sampai saat ini masih belum ada rute penerbangan internasional komersil, sementara Bandara Internasional Raden Inten II hanya melayani penerbangan jamaah umroh langsung ke Jeddah. Sepanjang akhir tahun ini sudah ada dua kali penerbangan rombongan jamaah umroh dengan menggunakan pesawat Citilink yaitu pada tanggal 27 November 2019 dan 4 Desember 2019.

Sebagai bentuk pelaksanaan peraturan perundang-undangan di bidang kepabeanan dan cukai, Bea Cukai Bandar Lampung melakukan pemeriksaan pada saat kedatangan jamaah umroh di Bandara Internasional Raden Inten II Lampung. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi plane zoeking, pemeriksaan barang bawaan penumpang baik melalui  x-ray maupun pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan badan (body check) apabila dianggap perlu. Pemeriksaan dilakukan guna memastikan bahwa tidak ada barang berbahaya atau yang dilarang masuk ke Indonesia serta mengamankan penerimaan negara apabila ada kewajiban-kewajiban kepabeanan dan perpajakan yang harus dipenuhi oleh penumpang.

Rencannya pada tahun 2020 akan mulai dibuka rute Lampung - Kuala Lumpur dan diharapkan dilanjutkan dengan rute-rute ke negara-negara lainnya. Semakin banyak rute penerbangan internasional diharapkan akan semakin memudahkan masyarakat yang ingin bepergian ke luar negeri dan memperlancar arus keluar masuknya barang dari/ke luar negeri melalui sarana transportasi udara dan dapat meningkatkan perekonomian secara umum. Semakin banyak rute penerbangan juga tentunya akan menjadi tantangan bagi Bea Cukai Bandar Lampung untuk terus melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam melakukan pengawasan dan pelayanan lalu lintas barang demi terwujudnya Bea Cukai Makin Baik.

Gallery

7 6 5 4 2 1 8 9 10

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *