Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Pengecekan Harga Transaksi Pasar Rokok di Jalur Barat Lampung

Bandar Lampung (13/12/2021) – Menutup rangkaian kegiatan pemantauan Harga Transaksi Pasar (HTP) rokok periode triwulan 4 tahun 2021, Bea Cukai Lampung berkesempatan mengunjungi Kecamatan Bulok di Kabupaten Tanggamus dan Kecamatan Banyumas di Kabupaten Pringsewu. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 9-10 Desember 2021. Kegiatan pemantauan dilakukan dengan mendatangi secara langsung toko-toko dan warung-warung penjual eceran rokok dengan cara sampling secara acak di kedua wilayah tersebut. Mengingat pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir, kegiatan dilakukan dengan tetap memastikan ketaatan terhadap protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Tidak hanya melakukan pengecekan harga rokok, tim Bea Cukai Lampung juga sekaligus memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait ketentuan di bidang cukai secara umum serta secara spesifik terkait Barang Kena Cukai (BKC) ilegal. Masyarakat diberikan pemahaman terkait kewajiban pelekatan pita cukai pada rokok, cara-cara mengenali dan mengidentifikasi rokok ilegal, bahaya peredaran rokok ilegal, kampanye Gempur Rokok Ilegal yang sedang gencar dicanangkan pemerintah, serta bagaimana kontribusi yang dapat dilakukan masyarakat dalam membantu pemerintah mulai dari hal terkecil.

Masyarakat baik sebagai konsumen maupun sebagai penjual eceran merupakan unsur paling besar dan paling penting dalam mendukung keberhasilan upaya pemerintah memberantas peredaran rokok ilegal. Salah satu faktor penyebab rokok ilegal masih diterima dan laku di pasaran adalah karena ketidaktahuan dan kurangnya pengetahuan masyarakat akan bahaya peredaran rokok ilegal . Semakin masyarakat teredukasi diharapkan akan sejalan dengan semakin rendahnya tingkat peredaran rokok ilegal di wilayah Provinsi Lampung dan Bea Cukai Makin Baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.