Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Pengenalan Program Catur Bina dan Pelaksanaan P2KP Pertama di Tahun 2020

Bandar Lampung, 23 Januari 2020. P2KP (Program Pembinaan Keterampilan Pegawai) merupakan kegiatan bulanan yang rutin dilaksanakan oleh Bea Cukai Bandar Lampung. Kegiatan P2KP pertama di tahun 2020 kali ini dibawakan oleh Subbagian Umum. P2KP kali ini terasa lebih istimewa, karena Bea Cukai Bandar Lampung kedatangan tamu spesial yaitu Casman, Kepala Subbagian Kepegawaian Kantor Wilayah DJBC Sumatera Bagian Barat.

Image may contain: one or more people and phone
Untuk menguji pemahaman pegawai terkait peraturan di bidang kepegawaian, P2KP diawali dengan pre test interaktif mengenai peraturan di bidang kepegawaian lewat aplikasi Quizizz dan seluruh pegawai mengikuti pre test tersebut. Acara dilanjutkan dengan pengarahan dari Kepala Subbagian Kepegawaian Kantor Wilayah DJBC Sumatera Bagian Barat mengenai program Catur Bina (Turbin) yang sedang dijalankan di tingkat Kantor Wilayah DJBC Sumatera Bagian Barat.

Image may contain: 1 person, screen

 

Catur Bina terdiri dari kata Catur yang berarti empat dan Bina yang berarti membangun sesuatu. Secara keseluruhan, Catur Bina berarti empat aspek pembinaan strategis yang harus diterapkan bagi seluruh pegawai. Keempat aspek tersebut yaitu bina mental, bina fisik, bina disiplin, dan bina kompetensi. Melalui program Catur Bina, diharapkan kualitas baik dalam diri pegawai dapat dipertahankan serta ditingkatkan secara berkelanjutan.

Image may contain: 2 people, people smiling, people standing
Casman menutup pengarahannya dengan sebuah kalimat motivasi dalam bahasa inggris yang berarti “Tidak akan berarti berapapun jumlah sumber daya yang kamu miliki, jika kamu tidak tau cara menggunakannya, itu tidak akan pernah cukup.” Kegiatan P2KP dilanjutkan dengan pembawaan materi oleh pelaksana Subbagian Umum yaitu Imam Muta Ali. Beliau menyampaikan terkait peraturan mengenai Surat Perjalanan Dinas, Penggunaan Rumah Dinas, Pengajuan Cuti, dan Grading Pegawai.

Image may contain: 1 person
Di akhir penyampaian materi, diadakan sesi tanya jawab untuk memberikan kesempatan kepada para pegawai untuk mengajukan pertanyaan terkait materi yang disampaikan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut langsung dijawab dengan jelas dan tegas oleh Adi Noviansyah, Kepala Subbagian Umum Bea Cukai Bandar Lampung. Menutup acara, diadakan post test menggunakan aplikasi Quizizz untuk menguji sejauh mana pemahaman para pegawai terkait materi yang disampaikan. Pelaksanaan P2KP kali ini diharapkan dapat meningkatkan sekaligus menyelaraskan pemahaman pegawai mengenai peraturan kepegawaian dan dapat menjalankan prosedur terkait hal tersebut dengan sebagaimana mestinya.

Image may contain: 8 people, text

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *