Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Peringatan Hari Anti Korupsi Kanwil DJBC Sumatera Bagian Barat

Bandar Lampung (14/12/2021) – Bea Cukai Lampung turut memeriahkan puncak perayaan Hari Anti Korupsi Sedunia Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah DJBC Sumatera Bagian Barat pada 11 Desember 2021. Bertempat di Taman Gajah Bandar Lampung, kegiatan dikemas dalam sebuah acara santai yang dibuka dengan gowes bersama dan dilanjutkan dengan acara sosialisasi kepada masyarakat serta pembagian merchandise menarik. Meskipun diselenggarakan di area terbuka, kegiatan tetap berlangsung secara tertib dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah dalam masa pandemi Covid-19.

 

Kegiatan sosialisasi diisi dengan penyampaian materi terkait sejarah peringatan Hakordia, tujuan dan esensi peringatan Hakordia, serta bentuk kontribusi yang dapat diberikan oleh masyarakat dalam mendukung upaya pemberantasan korupsi mulai dari hal-hal kecil. Tidak lupa diberikan juga edukasi terkait kepabeanan dan cukai kepada masyarakat mulai dari tugas dan fungsi Bea Cukai, ekspor dan impor secara umum, barang kiriman, barang bawaan penumpang, registrasi IMEI, Barang Kena Cukai (BKC) ilegal, kampanye Gempur Rokok Ilegal, serta modus-modus penipuan yang mengatasnamakan Bea Cukai. Sosialisasi dilaksanakan secara one on one dimana petugas Bea Cukai berkeliling mendatangi pengunjung dengan tujuan agar tidak menimbulkan kerumunan dan  informasi yang disampaikan lebih mudah diterima.

Hakordia diperingati setiap tanggal 9 Desember dengan tujuan untuk memberikan gambaran bentuk dukungan serta peran seluruh masyarakat baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, sektor swasta, maupun masyarakat sipil umum dalam upaya pemberantasan korupsi. Peringatan Hakordia juga menjadi pengingat dan penyebarluasan nilai-nilai anti korupsi serta gambaran umum tindak lanjut ke depan dalam upaya pemberantasan korupsi tersebut. Korupsi adalah musuh bersama, setiap individu memiliki tanggung jawab untuk melawannya, mulai dari hal-hal sederhana, mulai dari diri sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.