Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Sapa Pelajar Lampung, Bea Cukai Sosialisasikan Keuangan Negara dan Pemberantasan Penyelundupan

Bandar Lampung (20/04/2021) – Untuk menyukseskan kegiatan Olimpiade Pemberantasan Penyelundupan Pesisir Timur Sumatera (OP3TS) yang diadakan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), KPPBC TMP B Bandar Lampung bersama Kantor Wilayah DJBC Sumatera Bagian Barat adakan sosialisasi daerah mengenai keuangan negara dan pemberantasan penyelundupan. Sosialisasi diadakan pada tanggal 17 April 2021 secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting yang diikuti oleh puluhan pelajar tingkat SMA sederajat di wilayah provinsi Lampung.


Seperti yang kita ketahui bersama, pesisir timur sumatera merupakan wilayah Indonesia yang strategis, dikarenakan berhadapan langsung dengan Selat Malaka yang merupakan salah satu jalur utama perdagangan dunia. Wilayah strategis tersebut menyebabkan tingginya intesitas perdagangan disana, yang secara tidak langsung memancing ancaman kejahatan seperti penyelundupan, pencurian, dan lain sebagainya. Banyaknya pelabuhan tersembunyi serta tingkat konsumsi masyarakat Indonesia yang sangat tinggi juga menjadi target utama penyelundup dalam mengambil keuntungan di Indonesia.


Edukasi sejak dini kepada pelajar mengenai dampak bahaya penyelundupan terhadap kemanan dan keuangan negara menjadi sangat penting sebagai langkah preventif untuk mencegah kejahatan tersebut terjadi. Sosialisasi ini juga merupakan ajang para pelajar memperdalam ilmu untuk menghadapi Lomba Cerdas Cermat yang merupakan rangkaian lomba dari kegiatan OP3TS. Dari kegiatan ini, diharapkan terjalin hubungan baik antara Bea Cukai dengan Kawula Muda yang dapat menumbuhkan semangat untuk saling menginspirasi dan menumbuhkan lingkungan yang aman dan kondusif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *