Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Semarak Hari Lahir Pancasila di Tengah Pandemi Covid-19

Bandar Lampung, 2 Juni 2020. Dalam rangka memperingati Hari Pancasila, normalnya akan dilaksanakan upacara bendera secara serentak di seluruh kantor pemerintah. Namun, hari ini, karena masih dalam masa darurat Covid-19, peringatan dilaksanakan secara virtual. Seluruh pegawai Bea Cukai Bandar Lampung mengikuti Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia mengenai peringatan Hari Lahir Pancasila yang disiarkan melalui stasiun televisi TVRI dan Live Streaming diantaranya melalui akun Sekretariat Presiden, BPIP RI, dan Kemenkominfo TV. Tayangan disiarkan secara langsung dari Istana Kepresidenan.

Image may contain: 1 person, beard and indoor
Pelaksanaan kegiatan tersebut adalah sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan nomor SE-2/SJ/2020 tanggal 29 Mei 2020 tentang Penyelenggaraan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 di Lingkungan Kementerian Keuangan. Para pegawai pun diarahkan oleh kepala Kantor untuk mengikuti kegiatan tersebut disertai dengan mengirimkan berbagai foto kreatif sebagai bukti keikutsertaannya. Ada yang berfoto selfie bersama komputer yang sedang aktif memutar Live Streaming Pidato Kenegaraan, ada yang berfoto di depan layar televisi, dan ada pula yang memotret tampilan layar ponselnya.

Image may contain: 1 person, standing and text
Peringatan Hari Pancasila setiap tanggal 1 Juni dilatarbelakangi sejarah yang panjang. Sejarahnya adalah pada tanggal 1 Juni 1945, Ir. Soekarno membacakan lima poin usulan dasar negara Indonesia di hadapan rapat Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Setelah mendapat masukan dari para pendiri bangsa, kelima poin usulan Ir. Soekarno tersebut kemudian ditetapkan sebagai dasar negara pada tanggal 18 Agustus 1945. Mantan Ketua BPUPKI, dr. Radjiman Wedyodiningrat menyebut pidato Ir. Soekarno itu berisi Lahirnya Pancasila. Pada akhirnya, Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 tersebut ditetapkan sebagai peringatan sekaligus hari libur nasional oleh Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden (Kepres) No 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Image may contain: one or more people and screen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *