Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Semarakkan Hari Kepabeanan Internasional, Bea Cukai Lampung Ikuti Berbagai Kegiatan Daring

Bandar Lampung (29/01/2021) – Dalam rangka memeriahkan hari Kepabeanan Internasional 2021, Bea Cukai Bandar Lampung mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Antara lain, pelaksanaan apel hari kepabeanan secara virtual pada hari Rabu tangal 27 Januari 2021, yang ditutup melalui virtual gathering Hari Kepabeanan Internasional pada hari Jumat tanggal 29 Januari 2021 yang dihadiri oleh Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi, dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. Semua kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring dalam rangka pencegahan penularan covid-19.

Hari Kepabeanan Internasional diperingati setiap tahunnya pada tanggal 26 Januari. Asal usul dari hari peringatan ini yaitu bertepatan pada hari peresmian Customs Cooperation Council (CCC) yang diresmikan pada konvensi di Brussel (Belgia) pada 26 Januari 1953, yang mana pada saat itu dihadiri 17 perwakilan negara Eropa. CCC terus berkembang menjadi salah satu organisasi yang bertaraf Internasional, hingga pada tahun 1994 Customs Co-operation Council (CCC) berubah menjadi The World Customs Organization (WCO) yang menjadi wadah institusi kepabeanan di seluruh dunia untuk berdiskusi dan berbagi ilmu dalam rangka menciptakan lingkungan perdagangan internasional yang lebih maju dan berkeadilan.

Peringatan Hari Kepabeanan Internasional 2021 mengusung tema “Customs Bolstering Recovery, Renewal and Resilience for Suistainable Supply Chain” yang mengedepankan pemulihan ekonomi akibat pandemi covid-19. Dengan berbagai kegiatan yang dilakukan dalam rangka Hari Kepabeanan Internasional kali ini, diharapkan seluruh unit di institusi Bea Cukai dapat terus bersinergi, dan mengembangkan sistem pelaksanaan proses bisnis di bidang kepabeanan yang lebih mudah dan cepat bagi seluruh pelaku bisnis, diiringi dengan pengawasan yang ketat dan efektif. Sehingga dapat menciptakan perekonomian yang stabil, serta kehidupan masyarakat yang lebih aman dan sejahtera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *