Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Siaga Mengawasi Barang Ilegal di Bulan Ramadhan, Bea Cukai Lampung tindak 2,5 Juta Batang Rokok Ilegal

Bandar Lampung (05/05/2022) – Suasana bulan suci Ramadhan tidak menyurutkan pengawasan yang dilakukan Bea Cukai Lampung terhadap rokok ilegal. Penindakan secara gencar terus dilakukan untuk memberantas rokok ilegal. Pada 02 April 2022, Bea Cukai Lampung kembali menggagalkan upaya peredaran 2,5 juta batang rokok ilegal tanpa pita cukai yang diangkut menggunakan truk. Penindakan tersebut terjadi di Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi KM. 75. Kepala Kantor Bea Cukai Lampung, Esti Wiyandari, menyampaikan “Penindakan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Bea Cukai Lampung dalam meningkatkan kinerja pengawasan terutama pengawasan peredaran rokok ilegal.”

Penindakan yang dilakukan kali ini bermula dari informasi masyarakat yang selanjutnya dikembangkan oleh petugas. Berdasarkan pengembangan informasi intelijen, didapat informasi terkait adanya pengiriman Rokok yang diduga ilegal yang berasal dari Jawa menuju Sumatera menggunakan truk. Selanjutnya, Bea Cukai Lampung menurunkan tim untuk menemukan target operasi.

Penyisiran yang dilakukan oleh petugas Bea Cukai di ruas tol Bakauheni sampai Terbanggi Besar berhasil menindak 1 (satu) buah truk yang mengangkut 155 koli berisi 2.480.000 batang rokok ilegal yang tidak dilekati dengan pita cukai dengan modus ditutupi makanan ringan dan garam pupuk. Potensi kerugian negara yang berhasil diamankan ditaksir bernilai 1,8 Miliar Rupiah (Rp 1.894.076.000).

Selain itu, petugas juga mengamankan 2 (dua) sopir dan 1 (satu) kernet untuk dimintai keterangan dalam kasus ini. Selanjutnya, seluruh barang bukti dan pelaku dari pengangkutan rokok ilegal ini, dibawa ke Bea Cukai Lampung untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

Seluruh kegiatan penindakan yang dilakukan ini merupakan komitmen Bea Cukai Lampung untuk senatiasa berupaya untuk meningkatkan pengawasan barang ilegal dengan tujuan agar masyarakat terlindung dari dampak negatif yang ditimbulkan dari barang-barang ilegal dengan tidak mengesampingkan tugas dalam mengamankan penerimaan negara untuk #JagaIndonesiaKita dan demi Bea Cukai yang makin baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.