Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Sinergi Bea Cukai dan Pemda Provinsi Lampung Bahas Pengoptimalan DBHCHT

Bandar Lampung (03/11/2020) – Sebagai salah satu bentuk tanggung jawab terhadap pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembaku (DBHCHT), Pemda Provinsi Lampung, Kanwil DJBC Sumatera Bagian Barat dan Bea Cukai Bandar Lampung bertempat di Dinas Perkebunan Provinsi Lampung membahas pengoptimalan dana tersebut.

Pada pembahasan kali ini Bea Cukai memaparkan bentuk-bentuk kegiatan yang berkaitan dengan pemanfaatan DBHCT, diantaranya yaitu peningkatan bahan baku, pembinaan industri, pembinaan lingkungan sosial, sosialisasi ketentuan di bidang cukai, dan pemberantasan Barang Kena Cukai (BKC) ilegal.

Dalam hal sosialisasi ketentuan di bidang cukai, bisa dilakukan secara tatap muka langsung kepada produsen maupun penjual eceran Barang Kena Cukai Hasil Tembakau (BKC HT). Selain itu sosialisasi bisa dilakukan dengan menggunakan media elektroni, media cetak (Koran, Majalah, Poster, Reklame, dll.), dan di situasi pandemi seperti sekarang ini juga bisa dilakukan dengan metode jarak jauh (Daring).

Sebagai pintu gerbang sumatera, Provinsi Lampung berpotensi banyak beredarnya Barang Kena Cukai (BKC) ilegal, maka dengan adanya DBHCT ini Pemda Provinsi Lampung bisa memanfaatkan dengan melakukan kegiatan operasi pasar bersama Bea Cukai, dimana hal ini bisa memberantas peredaran BKC ilegal yang tentunya akan merugikan negara dan meresahkan masyarakat.

Maka dari itu dengan adanya pembahasan DBHCHT, diharapkan kedepannya dana tersebut bisa dioptimalkan sebaik baiknya untuk meningkatkan kinerja cukai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *