Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Sinergi Kembangkan Potensi Hasil Panen Tembakau Bersama Pemkab Pringsewu

Bandar Lampung (12/11/2020) – Bea Cukai Bandar Lampung, Rabu (11/11), menghadiri undangan sebagai narasumber dalam acara Sosialisasi Pasca Panen Tembakau “Soialisasi Kebijakan Ketentuan di Bidang Cukai”. Disini Bea Cukai Bandar Lampung sendiri diwakili oleh Pejabat Fungsional Pemeriksa Bea Cukai Pertama yaitu Jun Sui Siahaan dan Candera Sutanto.

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu ini dihadiri oleh para petani tembakau, pengepul, pengepul dan yang lainnya. Selain itu di acara ini yang sangat spesial yaitu dihadiri secara langsung oleh Bupati Pringsewu, Sujadi Saddat. Di dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa Pringsewu merupakan daerah yang cukup unik, dimana Pringsewu merupakan daerah yang sudah mempunyai Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Namun, banyak warga Pringsewu yang sejak lama sudah menanam tembakau, dan hingga kini masih tetap mengembangkan komoditi tersebut. Kabupaten Pringsewu juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa daerah di Pulau Jawa, diantaranya Kabupaten Temanggung, Tulungagung, dan Jember. Diharapkan, pada tahun 2021 nanti, ada peningkatan baik kualitas maupun kuantitas.

Sebagai narasumber, disini Bea Cukai Bandar Lampung menyampaikan secara umum tentang cukai itu sendiri sesuai dengan Undang-undang yang berlaku, seperti arti cukai, kenapa barang dikenakan cukai, jenis barang yang dikenakan cukai, bagaimana cara mengajukan izin NPPBKC, sampai dengan kampanye Gempur Rokok Ilegal.

Disisi lain dalam rangka memberantas peredaran rokok ilegal yang tersebar di wilayah Provinsi Lampung khususnya Kabupaten Pringsewu, Bea Cukai Bandar Lampung menjelaskan terkait ciri-ciri rokok ilegal, identifikasi keaslian pita cukai, dan bagaimana tindakan jika menemukan rokok ilegal tersebut.

Maka dari itu dengan adanya kegiatan ini diharapkan nantinya para petani tembakau maupun pengepul di kabupaten pringsewu dapat mengembakan potensi tembakaunya sesuai apa yang dikatakan oleh Bupati Pringswu, Sujadi Saddat, dan membantu negara dalam memberantas rokok ilegal dengan cara tidak membeli atau menjual maupun produksi Barang Kena Cukai khususnya Hasil Tembakau ilegal. Demi mewujudkan Indonesia Maju, Bea Cukai Makin Baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *