Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Sinergi Operasi Patroli Laut Bersama Kanwil DJBC Sumbagbar dan Polairud Polda Lampung

Bandar Lampung, 27 Oktober 2020. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebagai salah satu unit vertikal strategis di bawah Kementerian Keuangan memiliki fungsi sebagai Community Protector, yaitu melindungi masyarakat dari masuknya barang-barang ilegal dan berbahaya. Bea Cukai selalu berupaya melakukan pengawasan yang sungguh-sungguh dan berkesinambungan baik di batas-batas darat maupun di perairan terluar Indonesia. Setiap barang yang masuk/keluar Indoneisa harus dipastikan aman untuk dikonsumsi/digunakan masyarakat.

Salah satu langkah yang Bea Cukai tempuh dalam menjamin fungsi pengawasan tersebut berjalan dengan baik adalah dengan menjalin kerja sama dengan instansi penegak hukum lain, salah satunya dengan Kepolisian Republik Indonesia melalui Direktorat Polisi Air dan Udara. Kanwil DJBC Sumatera Bagian Barat dan Polairud Polda Lampung menyelenggarkan operasi patroli laut bersama mengingat masih tingginya tingkat penyelundupan barang melalui pesisir timur Sumatera. Turut berpartisipasi dalam acara tersebut Bea Cukai Bandar Lampung dan Pangkalan Sarana Operasi Bea Cukai Tanjung Balai Karimun dengan kapal BC30001. Acara dibuka dengan upacara di Dermaga B Pelabuhan Panjang, kemudian dilanjutkan dengan patroli bersama di Perairan Teluk Lampung, dan diakhiri dengan pembagian sembako kepada masyarakat di sekitar Pantai Mutun Pesawaran dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19 sebagaimana dianjurkan pemerintah.

Operasi patroli laut bersama ini merupakan wujud komitmen sinergi antara Bea Cukai dan Polri sebagai tindak lanjut perjanjian kerja sama kedua pihak yang telah ditandatangani pada 24 Agustus 2020. Sinergi yang sudah berjalan baik ini diharapkan dapat terus dilakukan kedepannya dan memberikan dampak positif secara khusus bagi kedua pihak dan bagi masyarakat secara umum. Pengawasan yang semakin tegas diharapkan akan sejalan dengan menurunnya tingkat penyulundupan barang berbahaya, masyarakat semakin sejahtera, Indonesia Maju, dan Bea Cukai Makin Baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *