Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Sosialiasi Cukai Hasil Tembakau untuk Kesejahteraan Petani Tembakau

 

Bandar Lampung (14/10/2021) – Masih dalam rangkaian pelaksanaan prioritas kegiatan di bidang penegakan hukum dengan menggunakan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), kali ini sosialisasi ketentuan di bidang cukai ditujukan kepada para petani tembakau. Sosialisasi dilaksanakan pada 14 Oktober 2021 di Sekolah Kopi, Kecamatan Sumber Jaya, Kabupaten Lampung Barat. Peserta sosialisasi merupakan petani tembakau aktif yang memproduksi tembakau iris yang berdomisili di Lampung Barat.

Kegiatan sosialisasi langsung dimulai dengan pemaparan yang diisi oleh Herianto, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi. Herianto menjelaskan kepada para petani tembakau tentang apa-apa saja yang perlu diketahui tentang Cukai Hasil Tembakau, herianto juga menyampaikan kepada petani Hasil Tembakau tentang betapa pentingnya pengembangan pengelolaan tembakau terhadap kesejahteraan para petani. Pada materi berikutnya, Jun Sui Siahaan, Pemeriksa Bea Cukai Pertama, menjelaskan kepada para petani tentang syarat-syarat pengajuan pembuatan NPPBKC dan juga cara mengidentifikasi pita cukai, agar para petani paham perbedaan antara rokok legal dan rokok illegal.

Di penghujung sosialisasi, narasumber mengadakan sebuah permainan kepada para peserta untuk dapat meneliti kesalahan pada rokok yang diberikan oleh narasumber, para peserta dengan antusias memberikan jawaban. Kegiatan ini berjalan dengan interaktif, terlihat pada saat penutup acara, para peserta dengan aktif memberi respon dan juga pertanyaan. Esti Wiyandari selaku Kepala Kantor Bea Cukai Lampung berharap dengan adanya sosialisasi kali ini para dapat memberi wawasan baru para Petani Tembakau dan bersemangat untuk mengembangkan pengelolaan hasil tembakau. Untuk Bea Cukai Makin Baik. Demi Indonesia Maju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.