Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Sosialisasi Cukai kepada Mahasiswa dan Pelajar di Kabupaten Pringsewu

Bandar Lampung (01/07/2022) – Bea Cukai Lampung bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pringsewu melaksanakan kegiatan sosialisasi ketentuan di bidang cukai kepada mahasiswa dan pelajar dari berbagai perguruan tinggi dan sekolah di Kabupaten Pringsewu pada 30 Juni 2022. Bertempat di ruang pertemuan Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu, kegiatan dilaksanakan secara tatap muka di ruangan semi-outdoor dengan tetap memastikan kepatuhan terhadap protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah dalam masa pandemi Covid-19. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi pemerintah daerah dalam pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT) di bidang penegakan hukum.

Materi yang disampaikan yaitu terkait ketentuan di bidang cukai, perijinan NPPBKC, dan demo identifikasi rokok ilegal. Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Herianto dalam paparannya menjelaskan tentang gambaran umum tugas dan fungsi Bea Cukai, esensi dan tujuan pengenaan cukai, bagaimana cukai berkontribusi untuk negara dan masyarakat, bahaya peredaran rokok ilegal, serta bagaimana setiap mahasiswa/pelajar bisa berperan dalam upaya pemerintah memberantas peredaran rokok ilegal. Pada akhir sesi materi dijelaskan dan disampaikan demo tentang ciri-ciri rokok ilegal, cara-cara mengidentifikasi rokok ilegal baik dengan kasat mata maupun menggunakan lampu UV, serta tahapan-tahapan mengenali rokok yang legal dan ilegal dengan benar dan mudah.

Mahasiswa dan pelajar merupakan generasi penerus bangsa yang diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada negara sesuai perananan masing-masing di masyarakat. Dengan memberikan edukasi terkait ketentuan di bidang cukai kepada mahasiswa dan pelajar diharapakan mereka dapat menjadi agen pemerintah untuk menyampaikan informasi yang telah mereka peroleh kepada keluarga, teman-teman, dan lingkungan. Semakin banyak masyarakat yang teredukasi tentang bahaya peredaran rokok ilegal tentunya diharapkan akan sejalan dengan semakin menurunnya tingkat peredaran rokok ilegal di masyarakat. Bea Cukai Makin Baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.