Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241

(0721) 342358     IN | EN

Sosialisasi Implementasi Peraturan tentang Devisa Hasil Ekspor

Bandar Lampung, 19 September 2019. Bea Cukai Bandar Lampung mengikuti Sosialisasi Implementasi Peraturan Pemerintah No. 1 Tahun 2019 tentang Devisa Hasil Ekspor dari Kegiatan Pengusahaan, Pengelolaan, dan/atau Pengolahan Sumber Daya Alam (SDA).

Sosialisasi tersebut diselenggarakan di Kantor Perwakilan Dalam Negeri (KPwDN) Bank Indonesia Sumatera Selatan dengan narasumber dari Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Sosialisasi ini diikuti oleh Pihak Eksportir Sumber Daya Alam yang berada di bawah pengawasan Kantor Wilayah DJBC Sumatera Bagian Barat dan Kantor Wilayah DJBC Sumatera Bagian Timur. Tidak ketinggalan pula perwakilan para pejabat di lingkungan Kanwil DJBC Sumatera Bagian Barat dan Kanwil DJBC Sumatera Bagian Timur turut hadir sebagai observer pada acara tersebut.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan atas kewajiban para pihak eksportir dalam melakukan Pengusahaan, Pengelolaan, dan/atau Pengolahan Sumber Daya Alam. Selain itu, dalam sosialisasi ini juga disampaikan peran dan wewenang masing-masing institusi dan lembaga dalam menjalankan PP No. 1 Tahun 2019 ini.

Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan dalam hal ini diberikan kewenangan dalam melakukan pengawasan atas Devisa Hasil Ekspor SDA (DHE SDA) dimana DHE tersebut diwajibkan untuk dimasukkan ke dalam Sistem Keuangan Negara. DHE sebagaimana dimaksud merupakan DHE yang berasal dari kegiatan eksportasi atas barang hasil pertambangan, perkebunan, kehutanan, dan perikanan. Tentunya para pihak eksportir SDA yang tidak memenuhi ketentuan tersebut akan dikenakan sanksi oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dengan berdasarkan hasil pengawasan BI dan OJK. Dalam sosialisasi ini juga disampaikan insentif pajak yang dapat diperoleh oleh pihak eksportir SDA sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 212/PMK.03/2018 tentang Pemotongan Pajak Penghasilan atas Bunga Deposito dan Tabungan serta Diskonto Sertifikat Bank Indonesia.

Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab dari para peserta sosialisasi dan diharapkan para peserta terutama para eksportir SDA benar-benar memahami peraturan pemerintah tersebut sehingga tidak terkena sanksi yang berlaku. Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu bentuk sinergi yang baik antar instansi pemerintah dan lembaga lainnya dalam menjalankan roda pemerintahan dan penerapan ketentuan peraturan yang berlaku.

Gallery

6 4 3 2 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *