Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Talkshow Radio Sonora 96.0 FM

Bandar Lampung, 23 November 2020. International Mobile Equipment Identity atau yang biasa disingkat dengan IMEI merupakan identitas internasional yang terdiri dari 15 (lima belas) digit nomor desimal unik untuk mengidentifikasi sebuah Perangkat Telekomunikasi dalam jaringan bergerak seluler. Sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor PER-5/BC/2020 setiap perangkat seluler yang masuk ke wilayah Indonesia harus dilakukan registrasi IMEI agar dapat digunakan dengan jaringan seluler lokal. Pengendalian IMEI ini dilakukan dengan tujuan untuk mendorong industri handphone, komputer genggam, dan tablet (HKT) yang kondusif, untuk mengurangi angka penyelundupan, serta meningkatkan kepatuhan di bidang perpajakan yang dapat meningkatkan tax base.

Dalam rangka mengedukasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat umum terkait kewajiban registrasi IMEI, Bea Cukai Bandar Lampung melakukan sosialisasi yang dikemas dalam sebuah talkshow radio. Pemilihan radio sebagai media sosialisasi dilakukan dengan mempertimbangkan fakta bahwa radio merupakan salah satu saluran komunikasi yang paling mudah dijangkau masyarakat luas dengan biaya terjangkau. Pada kesempatan kali ini Bea Cukai Bandar Lampung berkesempatan mengudara di Radio Sonora 96.0 FM Bandar Lampung. Acara diisi dengan pemaparan materi, interaktif dengan pendengar, dan pemberian giveaway kepada pendengar beruntung yang berhasil menjawab pertanyaan yang diberikan.

Kewajiban registrasi IMEI sudah berlaku final sejak 15 September 2020 dimana setiap perangkat seluler yang belum terdaftar IMEI-nya dan belum pernah aktif menggunakan layanan seluler lokal pada tanggal tersebut maka akan diblokir. Semoga dengan semakin banyaknya masyarakat yang teredukasi maka akan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa legal itu mudah. Bea Cukai Makin Baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *