Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Tambah Pengetahuan Bertajuk Studi Lapangan

Bandar Lampung, 25 Februari 2020. Pelaksanaan On The Job Training (OJT) Pegawai Baru di DJBC telah memasuki bulan ketiga. Mengingat lingkup kerja Bea Cukai yang luas, maka perlu bagi Pegawai Baru Bea Cukai untuk memiliki wawasan yang luas dalam melaksanakan tugas. Dalam rangka peningkatan pengetahuan dan teknis lapangan, diadakan studi lapangan ke Pelabuhan dan Kantor Pos yang diikuti oleh Pegawai On The Job Training dari KPPBC TMP B Bandar Lampung dan Kantor Wilayah DJBC Sumatera Bagian Barat.

Image may contain: 6 people, people standing

Studi Lapangan kali ini dibimbing oleh Pegawai dari seksi P2 dan seksi PKC dari KPPBC TMP B Bandar Lampung. Tempat pertama yang dikunjungi adalah Dermaga E Pelabuhan Panjang yang merupakan Unit Terminal Peti Kemas di Wilayah Bandar Lampung. Pegawai OJT dibawa masuk ke salah satu kapal berjenis kapal kontainer yang sedang berlabuh di Pelabuhan.

Image may contain: one or more people and text

Dijelaskan oleh Pembimbing mengenai tata cara pelaksanaan Shipsearch, persyaratan dokumen yang harus dipenuhi oleh Kapten Kapal, Safety Procedure saat di atas Kapal, serta cara berkomunikasi dengan awak kapal yang mayoritas merupakan non WNI. Diadakan pula simulasi pemeriksaan kabin yang dilaksanakan di dua tempat, yaitu kabin tempat tidur awak kapal dan kabin mesin.

Image may contain: 2 people

Studi Lapangan dilanjutkan dengan mengunjungi Kantor Pos Pahoman, dimana terdapat Hanggar Bea Cukai. Disana, Pegawai OJT dijelaskan mengenai proses bisnis di kantor pos mulai dari penerimaan barang kiriman, pemeriksaan fisik menggunakan x-ray, pemeriksaan dokumen, penjaluran, hingga akhirnya diberikan persetujuan pengeluarannya. Dari Kegiatan ini diharapkan dapat memberi gambaran yang lebih jelas dan akurat kepada Pegawai OJT mengenai proses bisnis Bea Cukai di Wilayah Bandar Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *