Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Tetap Sosialisasi Ditengah Pandemi Virus Covid-19 Melalui Via Zoom

Bandar Lampung, 19 Mei 2020

Bea Cukai Bandar Lampung melaksanakan kegiatan Sosialisasi PMK Nomor 45/PMK.04/2020 tentang Tata Cara Penyerahan Surat Keterangan Asal atau Invoice Declaration beserta Dokumen Pelengkap Pabean Penelitian Surat Keterangan Asal dalam Rangka Pengenaan Tarif Bea Masuk atas Barang Impor Berdasarkan Perjanjian atau Kesepakatan Internasional Selama Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan ini diikuti oleh pegawai dan pengguna jasa sebanyak 60 (enam puluh) perusahaan. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka relaksasi penyerahan SKA beserta dokumen pelengkap pabean lainnya di tengah pandemi COVID-19.

Moderator membuka sosialisasi dengan membacakan aturan pelaksanaan sosialisasi, dilanjutkan sambutan Kepala Kantor Bea Cukai Bandar Lampung, Esti Wiyandari. Beliau menyampaikan saat ini Bea dan Cukai terus mengikuti perkembangan kebutuhan pengguna jasa khususnya dalam masa pandemi COVID-19 meliputi sektor ekonomi dan kesehatan. Untuk mendukung kebutuhan tersebut pengguna jasa diharapkan mampu bersinergi dalam menekan penyebaran COVID-19. Sinergi antara pengguna jasa dengan Bea dan Cukai diwujudkan dalam penerbitan landasan hukum penyerahan Surat Keterangan Asal (SKA) melalui surat elektronik atau e-mail yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 45/PMK.04/2020.

Selanjutnya narasumber Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai II, Elva Nelly menyampaikan materi sosialisasi PMK Nomor 45/PMK.04/2020. Materi diawali dengan membahas latar belakang pemberian relaksasi penyerahan SKA melalui e-mail dengan mengaitkan kondisi beberapa negara akibat COVID-19. Elva juga membahas tentang prosedur penyampaian SKA melalui email dan media elektronik lainnya serta kewajiban penyerahan lembar asli SKA paling cepat 90 (sembilan puluh) hari kalender dan paling lambat 1 (satu) tahun terhitung sejak tanggal penerbitan SKA atau Invoice Declaration.

Antusiasme peserta terlihat dalam rangkaian kegiatan sosialisasi melalui forum tanya jawab. Beberapa peserta ikut aktif dalam menyampaikan pertanyaan, opini dan masukan yang mendapat tanggapan langsung dari narasumber dan pejabat pada Bea Cukai Bandar Lampung. Bea Cukai Bandar Lampung optimis peserta dapat memahami dan melakukan ketentuan yang tertuang dalam PMK Nomor 45/PMK.04/2020 sebagai salah satu cara dalam menekan penyebaran COVID-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *