Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241

Tiada Kata Lelah Bagi Bea Cukai Lampung Untuk Cek HTP dan Sosialisasi BKC

Bandar Lampung (09/03/2020) – Melanjutkan triwulan ke-1 di tahun 2020, Bea Cukai Bandar Lampung kembali melaksanakan pemantauan perkembangan Harga Transaksi Pasar produk hasil tembakau (rokok) untuk periode bulan Maret. Kegiatan yang dilakukan setiap triwulan ini dilakukan di wilayah kabupaten/kota dan kecamatan yang telah ditunjuk sebagai daftar sampel.

Image may contain: one or more people

Tim kedua yang berangkat kali ini lakukan pemantauan ke daerah Kabupaten Mesuji (Mesuji) dan Kota Bandar Lampung (Tanjung Karang Barat). Kegiatan pemantauan dilakukan dengan mendata produk hasil tembakau yang berada pada display/etalase toko, berupa tahun pita cukai, jumlah batang, harga jual eceran, harga jual toko, merk dan jenis rokok. Pemantauan tersebut dilakukan untuk mendapatkan data mengenai harga jual pasaran rokok di tahun 2020 ini dan data tersebut nantinya akan disampaikan ke kantor pusat guna analisis lebih lanjut.

Image may contain: 2 people, text
Disamping melakukan pemantauan, tim Bea Cukai Bandar Lampung sekaligus melakukan sosialisasi mengenai peraturan barang kena cukai dan desain pita cukai tahun 2020. Sosialisasi dilakukan dengan menjelaskan tentang jenis-jenis rokok ilegal, bagaimana mengenali pita cukai yang benar baik secara kasat mata maupun dengan menggunakan alat dan mengenalkan desain pita tahun 2020. Selain itu dilakukan demo identifikasi pita cukai dengan menggunakan lampu sinar UV dan contoh rokok millik pemilik warung dan penempelan stiker Gempur Rokok Ilegal di depan toko supaya terlihat oleh masyarakat.

Image may contain: 4 people, people standing
Diharapkan dengan adanya kegiatan pemantauan sekaligus sosialisasi ini mampu mengetahui perkembangan harga pasaran rokok secara umum di tahun 2020 ini, mampu menekan peredaran barang kena cukai ilegal khususnya di Provinsi Lampung dan mampu mengedukasi masyarakat sehingga kedepannya tidak akan menerima dan menjual rokok yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Bea Cukai Makin Baik untuk Indonesia Maju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *