Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Tindak Tegas Pelanggaran Cukai, Bea Cukai Lampung Musnahkan 16 Juta Batang Rokok Ilegal serta Barang Ilegal Lainnya

Bandar Lampung (29/06/2022) – Sebagai bentuk ketegasan Bea Cukai Lampung dalam penegakan hukum di bidang kepabeanan dan cukai, Bea Cukai Lampung adakan kegiatan pemusnahan barang milik negara hasil penindakan di tempat pembuangan akhir, Dusun Talang Sawo, Desa Karawang Sari, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan. Kegiatan dilaksanakan pada hari selasa, tanggal 28 Juni 2022. Pemusnahan barang dilakukan dengan metode pembakaran.

Pada kegiatan ini, Bea Cukai Lampung turut mengundang saksi dari pihak kepolisian, TNI, KPKNL, dan Kanwil DJBC Sumbagbar. Hadir pula beberapa awak media untuk meliput kegiatan ini. Pada pemusnahan kali ini, barang yang dimusnahkan terdiri dari 16.012.360 batang rokok ilegal, serta 43 botol atau kaleng minuman keras ilegal. Selain dua barang tersebut, terdapat juga beberapa barang berupa sex toy, benih tanaman, sarang burung wallet, alat kesehatan, serta barang kiriman pos yang tidak diselesaikan kewajiban pabeannya, yang turut dimusnahkan dalam kegiatan pemusnahan kali ini.

Kepala Kantor Bea Cukai Lampung, Esti Wiyandari, mengatakan barang bukti yang dimusnahkan merupakan hasil penindakan selama tahun 2021 sampai dengan bulan Januari tahun 2022. “Seluruh barang yang dimusnahkan hari ini merupakan hasil penindakan tahun 2021 sampai Januari 2022 oleh petugas KPPBC TMP B Bandar Lampung, dengan total barang yang dimusnahkan sebesar Rp16,6 miliar,” papar Esti dalam keterangan siaran pers.

Untuk tahun 2022 sampai dengan bulan Mei, KPPBC TMP B Bandar Lampung telah melakukan penindakan terhadap barang impor, ekspor, NPP serta Barang Kena Cukai sebanyak 81 kali penindakan.”Untuk tahun 2022 sampai pada bulan Mei, sudah dilakukan 81 kali penindakan terhadap pelanggaran yang berpotensi merugikan negara sebesar Rp17,3 miliar,” pungkas Esti. Dengan diadakannya kegiatan pemusnahan ini, diharapkan dapat menjadi bentuk transparansi kepada masyarakat serta bukti nyata tindak tegas Bea Cukai Lampung terhadap pelanggaran di bidang kepabeanan dan cukai. Semoga kegiatan ini dapat memberi efek jera pada para pelaku pelanggaran sehingga dapat tercipta iklim usaha yang lebih baik yang sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.