Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Tingkatkan Integritas Pegawai dan Kualitas Pelayanan, Bea Cukai Lampung adakan Internalisasi

Bandar Lampung, 24 September 2020. Dalam melaksanakan tugas, Pegawai Bea Cukai Lampung banyak bersinggungan dengan banyak pihak, baik itu pengguna jasa, maupun instansi-instansi pemerintahan terkait. Integritas Pegawai menjadi sangat penting, mengingat pelayanan dan kebijakan yang diberikan Bea Cukai bersinggungan dengan kepentingan khalayak luas, yang dapat mempengaruhi arus perdagangan internasional maupun perekonomian dalam negeri. Dalam rangka menjaga integritas Pegawai dan mendorong terwujudnya Pelayanan Prima, Bea Cukai Lampung mengadakan Internalisasi untuk seluruh Pegawai dengan tema Whistleblowing System (sistem pengaduan) dan Benturan Kepentingan.

Internalisasi diadakan oleh seksi Kepatuhan Internal KPPBC TMP B Bandar Lampung yang dilaksanakan melalui aplikasi pertemuan secara daring. Pembicara pada pada Internalisasi kali ini adalah Kepala Subseksi Kepatuhan Pelaksanaan Tugas Pengawasan, Muhammad Khoiril Anwar. Khoiril menjelaskan, bahwa dalam memberikan pelayanan, akan timbul gap atau perbedaan antara harapan pengguna jasa dengan kenyataan pelayanan yang diberikan oleh petugas. Hal ini lah yang menyebabkan adanya pengaduan masyarakat.

Namun, sistem pengaduan masyarakat yang dikelola dengan baik justru dapat menjadi sarana perbaikan, dasar pertimbangan kebijakan, meningkatkan kepercayaan serta menjaga akuntabilitas instansi. Bea Cukai Lampung telah membangun sistem layanan pengaduan bertajuk SIMPEL 4.0 yang media penyampaiannya dapat melalui website resmi, pengisian formulir fisik, ataupun melalui saluran telepon/whatsapp. Dalam Internalisasi, ditekankan pula mengenai penanganan benturan kepentingan. Prinsip dasar dalam penanganan tersebut yaitu mengutamakan kepentingan publik, serta mengutamakan sifat keterbukaan, tanggung jawab, dan komitmen. Dengan internalisasi ini, diharapkan dapat menciptakan dan membina budaya organisasi yang tidak toleran terhadap benturan kepentingan, dan dapat mewujudkan pelayanan prima di Bea Cukai Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *