Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Tingkatkan Kewaspadaan Masyarakat, Bea Cukai Lampung Sosialisasikan Rokok Ilegal ke Wilayah Gisting dan Pagelaran

Bandar Lampung (21/02/2023) – Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap bahaya peredaran rokok ilegal di pasaran, Bea Cukai Lampung kembali adakan Sosialisasi Barang Kena Cukai (BKC) Ilegal pada tanggal 20-21 Februari 2023. Wilayah yang menjadi sasaran sosialisasi kali ini yaitu Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus dan Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu. Sosialisasi dilaksanakan oleh petugas dari seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Lampung, yang menyasar pedagang eceran yang menjual rokok maupun hasil tembakau lainnya di warung ataupun toko yang berada di wilayah tersebut.

Para penjual eceran di daerah yang didatangi rata-rata telah memiliki pengetahuan terkait cara identifikasi pita cukai, namun ada juga beberapa yang belum mengetahui sama sekali terkait cara mengidentifikasi legalitas pita cukai yang dilekatkan pada produk rokok. Padahal pengetahuan tersebut penting bagi para pedagang, mengingat penjualan rokok diatur secara rinci dalam Undang-Undang Cukai, yang mana terdapat ketentuan yang mengikat yang apabila dilanggar dapat dianggap sebagai tindak pidana yang memiliki konsekuensi hukum. Salah satu dari pelanggaran tersebut adalah penjualan rokok ilegal secara eceran.

Dalam sosialisasinya, petugas Bea Cukai menyampaikan mengenai ciri-ciri rokok ilegal. Antara lain dengan melihat ada atau tidaknya pita cukai, kemudian dengan mengidentifikasi keaslian, kebaruan, serta kesesuaian pita cukai pada produk tersebut untuk dapat menentukan apakah produk hasil tembakau yang identifikasi dikategorikan sebagai BKC ilegal atau BKC yang legal untuk diperjualbelikan. Dari pelaksanaan sosialisasi ini, diharapkan pemahaman masyarakat terhadap ciri-ciri rokok ilegal dapat menekan peredarannya di pasaran, sehingga Bea Cukai bersama masyarakat dapat saling bahu membahu memberantas rokok ilegal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.