Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Tingkatkan Kualitas Kinerja Pegawai, Bea Cukai Bandar Lampung Adakan Dua Kali Kegiatan Internalisasi Berturut-turut

Bandar Lampung, 26 Januari 2021. Bea Cukai Bandar Lampung melalui Seksi Kepatuhan Internal, meningkatkan kualitas kinerja pegawai dengan mengadakan 2 (dua) kali kegiatan internalisasi secara berturut turut. Kedua kegiatan tersebut yaitu Kegiatan Internalisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Kegiatan Internalisasi dan Asistensi Penyusunan Kontrak Kinerja Tahun 2021. Kegiatan yang dilakukan secara daring ini dihadiri oleh para pejabat dan pegawai di lingkungan KPPBC Tipe Madya Pabean B Bandar Lampung. Turut hadir pula Esti Wiyandari selaku Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean B Bandar Lampung.

Pada tanggal 25 Januari 2021, dilaksanakan kegiatan Internalisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Pada Kegiatan internalisasi ini, dilakukan pemaparan materi SPIP pada KPPBC Tipe Madya Pabean B Bandar Lampung oleh Iwan Agung Kusuma Pranata sebagai pemateri yang merupakan Kepala Seksi Kepatuhan Internal. Pelaksanaan Internalisasi SPIP ini mengacu pada Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2008 tentang SPIP dan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor KMK-940/KMK.09/2017 tentang Kerangka Kerja Penerapan Pengendalian Intern dan Pedoman Pemantauan Pengendalian Intern di Lingkungan Kementerian Keuangan.  

Sistem Pengendalian Intern Pemerintah adalah proses integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan yang diselenggarakan secara menyeluruh di lingkungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Dengan dilaksanakannya Kegiatan Internalisasi SPIP, diharapkan seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan KPPBC Tipe Madya Pabean B Bandar Lampung dapat meningkatkan pengetahuan akan SPIP serta sesuai dengan tujuan SPIP sendiri untuk meningkatkan kinerja, akuntabilitas, profesionalisme, dan transparansi.

Pada hari berikutnya yaitu tanggal 26 Januari 2021, dilaksanakan kegiatan Internalisasi dan Asistensi Penyusunan Kontrak Kinerja Tahun 2021. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penyusunan kontrak kinerja sebagaimana yang diamanahkan oleh Keputusan Menteri Keuangan nomor 467/KMK.01/2014 tentang Pengelolaan Kinerja di Lingkungan Kementerian Keuangan. Kegiatan yang di pandu oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal ini diharapkan dapat memberi pemahaman kepada seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan KPPBC Tipe Madya Pabean B Bandar Lampung terkait cara penyusunan kontrak kinerja yang benar, sesuai dengan peraturan, berkualitas, dan dapat membuat target yang optimal untuk tujuan organisasi.

Pada kegiatan Internalisasi dan Asistensi Penyusunan Kontrak Kinerja ini tersedia pula sesi dialog yang berlangsung secara interaktif dan efektif karena diterapkan pembagian sesi setiap unit sehingga fokus kegiatan dibagi menjadi 7 (tujuh) sesi. Sesi pertama diikuti oleh Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, sesi kedua diikuti oleh Seksi Pengolahan Data dan Administrasi Dokumen, sesi ketiga diikuti oleh Seksi Perbendaharaan, sesi keempat diikuti oleh Subbagian Umum, sesi kelima diikuti oleh Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai, dan sesi keenam diikuti oleh seksi Penindakan dan Penyidikan.

Kegiatan Internalisasi dan Asistensi Penyusunan Kontrak Kinerja Tahun 2021 dilaksanakan dengan harapan agar peningkatan pengetahuan para pegawai terhadap pengelolaan kinerja dan pelaksanaan kegiatan di kantor dapat berjalan dengan optimal sehingga tujuan organisasi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dapat tercapai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *