Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Wawasan Devisa Hasil Ekspor SDA bagi Pengguna Jasa

Bertempat di Aula Bea Cukai Bandar Lampung, wawasan mengenai Devisa Hasil Ekspor (DHE), Pembekuan, dan Pencabutan Kawasan Berikat dan Proyeksi Penerimaan Bea dan Cukai tahun 2020 disampaikan kepada Pengguna Jasa Provinsi Lampung. Kegiatan ini dalam rangka sosialisasi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2019 tentang Devisa Hasil Ekspor dari kegiatan pengusahaan, pengelolaan, dan/atau pengolahan Sumber Daya Alam.

Untuk menjaga stabilitas ekonomi nasional dan melanjutkan pembangunan Negara, perlu adanya pengaturan terhadap kepemilikan devisa dari pengguna jasa atas hasil ekspornya, terutama atas hasil ekspor dari sektor pertambangan, perkebunan, kehutanan, dan perikanan. Devisa Hasil Ekspor Sumber Daya Alam (DHE SDA) ini sendiri wajib dimasukkan ke dalam sistem keuangan Negara Indonesia dalam bentuk simpanan di Rekening Khusus DHE SDA pada Bank yang melakukan kegiatan usaha dalam bentuk valuta asing.

Dalam meningkatkan sebuah pelayanan yang lebih baik, Bea Cukai Bandar Lampung terus melakukan evaluasi secara berkala dan mempersiapkan diri untuk memberikan pelayanan kepada Kawasan Berikat berupa Kawasan Berikat Mandiri. Kepala Kantor Bea Cukai Bandar Lampung juga menyampaikan bahwa Kawasan Berikat agar terus memperhatikan sistem IT Inventory dan CCTV online yang bisa diakses oleh Kantor Bea Cukai Bandar Lampung. Hal ini ditekankan demi kelancaran proses kegiatan Kawasan Berikat itu sendiri, mengingat penerapan sanksi jika Kawasan Berikat tidak melaksanakan hal tersebut dengan baik.

Selanjutnya, di akhir acara dilakukan proyeksi penerimaan Bea dan Cukai yang tetap melibatkan para pengguna jasa, guna menganalisis seberapa besar penerimaan yang bisa dipungut Bea Cukai khususnya Bandar Lampung dari kegiatan Kepabeanan dan Cukai di tahun 2020.

Gallery

IMG_9046 IMG_9008 IMG_8953 IMG_8901 IMG_8876 IMG_8849 IMG_8836

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *