Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Bersama Pemda Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Bandar Lampung, 18 November 2019. Sesuai amanat PMK 222/PMK.07/2017 bahwa Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT) diprioritaskan untuk mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional paling sedikit 50% dan sisanya digunakan untuk kegiatan peningkatan kualitas bahan baku, pembinaan  industri, sosialisasi ketentuan di bidang cukai, dan pemberantasan Barang Kena Cukai (BKC) ilegal. Menindaklanjuti amanat tersebut Bea Cukai Bandar Lampung melakukan sosialisasi terkait pemberantasan rokok ilegal sekaligus koordinasi dengan pemerintah daerah penerima DBH CHT. Untuk tahun 2019 sendiri DBH CHT paling besar diberikan kepada Pemerintah Provinsi Lampung, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, dan Pemerintah Daerah Lampung Timur.

Pada tanggal 13-15 November 2019 Bea Cukai Bandar Lampung mendapat kesempatan untuk mengunjungi Kabupaten Lampung Barat. Pada tahun 2019 Kabupaten Lampung Barat mendapat transer DBH CHT sebesar 3 Miliar Rupiah. Bea Cukai Bandar Lampung bertemu dengan perwakilan dari Biro Perekonomian untuk melakukan koordinasi serta secara langsung melakukan sosialisasi ke warung-warung penjual rokok eceran di seluruh kecamatan di Kabupaten Lampung Barat. Sebagian besar penjual eceran masih belum paham cara membedakan ciri-ciri rokok yang boleh diperjualbelikan dan seperti apa ciri-ciri rokok ilegal. Sebagian besar mereka juga belum paham bahwa sanksi denda dan pidana peredaran rokok ilegal tidak hanya dikenakan terhadap produsen namun juga sampai penjual eceran terkecil.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat akan bahaya kerugian peredaran rokok ilegal baik bagi masyarakat dari sisi kesehatan, bagi pengusaha rokok dari sisi bisnis, maupun bagi negara dari sisi penerimaan negara. Koordinasi yang dilakukan dengan pemerintah daerah diharapkan dapat meningkatkan sinergi dan kerjasama antara Kementerian Keuangan khususnya DJBC dengan pemerintah daerah sebagai penerima DBH CHT dalam upayanya untuk menekan dan memberantas peredaran rokok ilegal sampai ke daerah-daerah terluar di Provinsi Lampung.

Gallery

upload1 upload2 upload3 upload4 upload5 upload6 upload7 upload8 upload10

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *