Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Monitoring HJE II Tulang Bawang & Mesuji

Bandar Lampung, 06 September 2019. Menempuh jarak lebih dari 200 Km atau sekitar 6 jam perjalanan darat dengan medan yang tidak mudah Bea Cukai Lampung mengunjungi warung-warung penjual eceran di Kecamatan Rawa Jitu Selatan Tulang Bawang dan Kabupaten Mesuji. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari berturut-turut mulai 4 sampai 6 September 2019. Tujuan utamanya tidak lain untuk melakukan monitoring harga transaksi Barang kena Cukai (BKC) hasil tembakau sekaligus memberikan sosialisasi tentang peredaran BKC ilegal kepada masyarakat.

Monitoring harga transaksi BKC dilakukan untuk mengetahui perbedaan antara Harga Transaksi Pasar (HTP) dengan Harga Jual Eceran (HJE) yang tercantum pada pita cukai. Harga transaksi pada konsumen tingkat akhir tidak boleh melampui batasan harga jual eceran per batang atau gram atau kurang dari 85% dari HJE yang tercantum dalam pita cukai hasil tembakau.

Sosialisasi BKC dilakukan dengan pendekatan kepada masyarakat agar informasi lebih mudah disampaikan dan dipahami. Informasi yang disampaikan meliputi kewajiban pelekatan pita cukai pada setiap produk BKC hasil tembakau yang dijual, memastikan keaslian pita cukai baik secara kasat mata maupun menggunakan sinar uv, memastikan kebenaran peruntukan pita cukai, ciri-ciri pita cukai palsu dan salah peruntukan, modus-modus peredaran BKC ilegal, serta sanksi denda/pidana bagi pelanggar peraturan tentang cukai mulai dari produsen besar sampai penjual eceran tingkat akhir. Semakin banyak informasi disampaikan harapannya semakin bisa menekan tingkat peredaran BKC ilegal di wilayah Lampung demi mewujudkan Bea Cukai Makin Baik.

Gallery

upload7 upload3 upload4 upload6 Processed with RNI Films upload2 upload5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *