Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Monitoring HJE III Way Kanan & Lampung Barat

Bandar Lampung, 11 September 2019. Masih dalam rangkaian kegiatan Pemantauan Harga Transaksi Pasar (HTP) produk Hasil Tembakau dan dan Sosialisasi Barang Kena Cukai (BKC), kali ini lokasi target berada di Kecamatan Baradatu dan Kecamatan Kebun Tebu. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dari 9 sampai 11 September 2019 dengan mengunjungi warung-warung penjual eceran. Adapun tujuan Pemantauan Harga Transaksi Pasar adalah untuk melakukan monitoring Harga Transaksi Pasar Barang Kena Cukai Hasil Tembakau (BKC HT) di Provinsi Lampung sekaligus melakukan sosialisasi kepada Pengusaha BKC HT tentang penggunaan dan pemasaran BKC HT yang baik dan benar sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor SE-18/BC/2017 tentang Pelaksanaan Kegiatan Pemantauan Perkembangan Harga Transaksi Pasar Produk Hasil Tembakau.

Harga Transaksi Pasar (HTP) ini juga dilakukan untuk membandingkan seberapa besar harga pada tingkat konsumen akhir dengan Harga Jual Eceran (HJE) yang tercantum pada pita cukainya. Perbandingan dilakukan untuk memastikan bahwa HTP tidak melampaui batasan harga jual eceran per batang atau gram di atasanya atau Kurang dari 85% dari HJE yang tercantum dalam pita cukai hasil tembakau.

Pada kegiatan pemantauan HTP ini juga dilakukan sosialisasi BKC dilakukan dengan mengenalkan kewajiban pelekatan pita cukai pada setiap produk BKC hasil tembakau yang dijual. Sosialisasi juga dilakukan untuk mengetahui cara memastikan keaslian pita cukai baik secara kasat mata maupun menggunakan sinar uv, memastikan kebenaran peruntukan pita cukai, ciri-ciri pita cukai palsu dan salah peruntukan, modus-modus peredaran BKC ilegal, serta sanksi denda/pidana bagi pelanggar peraturan tentang cukai mulai dari produsen besar sampai penjual eceran tingkat akhir.

Gallery

11Untitled-1 10Untitled-1 9Untitled-1 8Untitled-1 5Untitled-1 4Untitled-1 3Untitled-1 2Untitled-1 1Untitled-1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *