Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

PKL Menunjang Kesiapan Kerja di Bea Cukai

Bandar Lampung (19/08/2019)- Ilmu tidak selalu tentang buku tetapi ilmu juga bisa didapatkan dari sebuah pengalaman di lapangan, bahkan teori yang ada di bangku perkuliahan terkadang berbeda dengan kenyataan di lapangan. Praktik Kerja Lapangan adalah kegiatan awal sebelum memasuki dunia pekerjaan nantinya. Kali ini Mahasiswa PKN STAN jurusan Kepabeanan dan Cukai melaksanakan PKL di Kantor Bea Cukai Bandar Lampung selama 4 (empat) minggu. Di akhir masa PKL mereka melakukan studi lapangan yang dilanjutkan dengan presentasi guna menyumbang inovasi untuk Bea Cukai Makin Baik.

Studi lapangan ini dilasanakan bebarengan dengan PKL yang ada di Kantor Wilayah Sumbagbar. Pelabuhan Panjang adalah tujuan utama studi lapangan, mulai dari pengenalan-pengenalan dermaga, sampai dengan kegiatan-kegiatan di Unit Terminal Peti Kemas (UTPK) seperti kegiatan Pemeriksaan Barang, Boatzoeking, dan proses keluar masuknya kontainer. Setelah itu dilanjutkan ke Kantor Pos Lalu Bea, disana mahasiswa PKL dikenalkan menganai bagaimana proses masuknya barang ke Kantor Pos sampai diterima oleh si pemilik barang. Selain itu, X-Ray juga menjadi hal yang menarik perhatian bagi mereka untuk mengetahui proses pemeriksaan barang.

Sore Harinya Mahasiswa PKL mempresentasikan Laporan hasil PKL selama 4 minggu di depan sebagian pejabat Bea Cukai Bandar Lampung. Mereka mengambil tema tentang Penerimaan dan Gempur Rokok Ilegal, yang tentunya di akhir presentasi mereka menyumbang inovasi atau ide untuk kemajuan Bea Cukai menjadi lebih baik.

Gallery

8 7 6 5 2 3 IMG_9845

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *