Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Mendorong Ekspor Kopi Melalui Fasilitas Kawasan Berikat

Rabu, 4 September 2019. Ada salah satu pepatah mengatakan “Tak kenal, maka tak sayang”. Untuk itu, supaya lebih mengenal dan dekat dengan pengguna jasanya, Bea Cukai Bandar Lampung kembali mengadakan kegiatan Customs Visit Customers (CVC). Kali ini Bea Cukai Bandar Lampung mengunjungi PT Nedcoffee Indonesia Makmur Jaya yang bertempat di Kecamatan Sukabumi, Bandar Lampung. PT Nedcoffee Indonesia Makmur Jaya merupakan salah satu stakeholder Bea Cukai Bandar lampung yang baru mendapat fasilitas Kawasan Berikat.

Kegiatan ini diikuti oleh Nur Cahyono Mustika Jati selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Alexander Pongki Hasto Broto selaku Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai III, Jun Sui Siahaan selaku Kepala Subseksi Penyuluhan, Nuryanto selaku Kepala Subseksi Layanan Informasi dan 5 orang staff Bea Cukai Bandar Lampung.

Dalam kesempatan ini, dari pihak PT Nedcoffee Indonesia Makmur Jaya memaparkan mengenai proses bisnis perusahaan yang dijalankan. PT Nedcoffee Indonesia Makmur Jaya merupakan perusahaan yang berfokus pada kegiatan pengolahan biji kopi hingga siap diolah kembali dan terutama untuk tujuan di ekspor. Dijelaskan bahwa untuk menjadi biji kopi yang siap untuk di ekspor, biji kopi tersebut harus melewati beberapa tahapan mulai dari ­pre-cleaner yaitu memisahkan debu, ranting, biji kopi rusak, daun dan lainnya hingga pada tahap akhir yaitu pengemasan biji kopi.

Lampung merupakan daerah penghasil kopi terbesar di tanah air, sehingga diharapkan melalui PT Nedcoffee Indonesia Makmur Jaya sebagai wadah yang menyediakan pasar bagi para petani kopi, nantinya dapat meningkatkan produksi kopi dalam negeri untuk di eskpor dan meningkatkan kesejahteraan para petani kopi. Dalam kegiatan ini pihak perusahaan juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan curhatan dan kendala-kendala atau masalah yang dihadapi selama di lapangan, sehingga Bea Cukai dapat mendengarnya secara langsung dari pihak pengguna jasa dan dapat segera mencarikan solusinya.

Dalam kesempatan ini Bea Cukai juga mengingatkan kepada pihak perusahaan mengenai pemenuhan IT Inventory dan CCTV agar sesuai dengan yang dipersyaratkan dan apabila terdapat kendala, Bea Cukai bersedia untuk memberikan asistensi. Sebelum acara berakhir,  Bea Cukai memberikan cinderamata berupa plakat dari Bea Cukai Bandar Lampung ke pihak PT PT Nedcoffee Indonesia Makmur Jaya dan dilakukan pengambilan foto bersama, acara diakhiri dengan berkeliling ke pabrik untuk melihat proses bisnis perusahaan tersebut.

Gallery

IMG_2373 IMG_2430 IMG_2597 IMG_2661 IMG_2784 IMG_2793

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *